TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta diharapkan mampu memahami:
§Latar belakang (SPMP)
§Konsep EDS
§Tujuan EDS
§Ruang lingkup EDS
§Instrumen EDS
§Tingkat Pencapaian EDS
§Bukti Fisik EDS
§Pelaksana EDS
§Manfaat EDS (MSPD)
§
§
§
§
§
§
PARADIGMA BARU SPMP
 
    SPMP memperkenalkan sebuah pergeseran dari paradigma yang bertumpu kepada inspeksi eksternal menuju paradigma yang bertumpu kepada tanggung jawab tiap pemangku kepentingan pendidikan untuk menjamin dan meningkatkan mutu pendidikan. 
   PENJAMINAN MUTU INTERNAL OLEH SATUAN PENDIDIKAN
Pengelolaan satuan pendidikan pada jenjang dikdasmen menerapkan manajemen berbasis sekolah : kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas
  (PP no. 19/2005 pasal 49)
Satuan Pendidikan mengembangkan visi dan misi…. dan evaluasi kinerja masing-masing (PP no. 19/2005 pasal 65)
Satuan Pendidikan wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan untuk memenuhi atau melampaui SNP (PP no.19/2005 pasal 91)
FILSAFAT PENJAMINAN MUTU
v Mutu berproses dan bukan tujuan 
    akhir (Quality is a Journey,
    not a Destination)
v Mutu adalah tanggung jawab 
    bersama (Quality is everybody’s
    business)
v
Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
STRATEGI PENGKAJIAN MUTU PENDIDIKAN
 Konsep EDS
ALAT EVALUASI DIRI SEKOLAH
l Didasarkan SPM dan Standar Nasional Pendidikan
l Sekolah melaporkan situasi nyata  yang ada
    di sekolah
l Sekolah mengevaluasi keefektifannya
    dengan menjawab pertanyaan dalam
    instrumen dengan jujur dan benar 
l Sekolah mengevaluasi kekuatan dan
    kelemahannya
l Menyediakan informasi bagi RPS
l Sekolah mampu menunjukkan perbaikan
    seiring dengan waktu berjalan
l Pemutakhiran sistem Manajemen Informasi 
    Sekolah
Lanjutan….
 Alat EDS sebagai Pedoman Proses Evaluasi Diri  Sekolah
 Kepsek, pengawas, perwakilan komite sekolah, guru, orang tua   (tokoh masyarakat/agama) bekerja sama dalam melakukan Proses Evaluasi
Proses Evaluasi Diri Sekolah merupakan Siklus, dimana sekolah melakukan proses EDS setiap tahun
Tim mengumpulkan informasi untuk menilai kinerja sekolah  didasarkan atas indikator- indikator kunci yang dirumuskan
Informasi yang dikumpulkan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan aspek yang menjadi prioritas dalam perencanaan peningkatan dan pengembangan sekolah
 Tujuan EDS
RUANG LINGKUP EDS
EDS menjawab 3 pertanyaan utama :
1.Seberapa baik kinerja sekolah kita?
2.Bagaimana kita mengetahuinya?
3.Bagaimana kita memperbaikinya?
Instrumen EDS
q  Identifikasi indikator esensial (SPM
     dan SNP)
q  Rumusan spesifikasi empirik
q  Deskripsi kinerja pencapaian
q  Dukungan bukti fisik
q  Posisi pencapaian kinerja
q
FORM ANALISIS KEKUATAN DAN PERMASALAHAN SEKOLAH
FORM ANALISIS SWOT SEKOLAH
1. Standar Sarana dan Prasarana
Apakah sarana sekolah sudah memadai?
Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?
1.1 Apakah sarana sekolah sudah memadai?
Kelemahan
Ukuran tinggi atap terlalu rendah
Ukuran ruangan kurang luas
Jumlah ruangan kurang
Perpustakaan sulit di akses karena di pagar sekolah lain.
Tidak memiliki laboratorium IPA
Kamar mandi yang masih bergabung
Lapangan olahraga terbatas karena masih bergabung ( tidak dapat bermain bola besar/sepak bola )
1.1 Rekomendasi
Perlu adanya perbaikan (Renovasi) terhadap gedung sekolah
Diadakannya shift (pagi -  siang)
Mengajukan : Pengadaan Lab IPA
Pemisahan toilet ( pria dan wanita ) serta
    ( guru&siswa)
1. 1 Apakah sarana sekolah sudah memadai?
SMP AL FATHIYAH ada pada Tingkat 3 karena :
kelebihan
Telah memenuhi standar terkait dengan sarana, prasarana dan peralatan, memenuhi standar dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar. memiliki dan menggunakan  sarpras sesuai standar yang ditetapkan. Sekitar 95% calon siswa di sekitar sekolah mendapat akses belajar disekolah kami.
1.2 Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?
Kelemahan
Masih kekurangan jumlah peralatan dan perlengkapan
Pagar pengaman koridor terlalu rendah
Sekolah kami masih satu atap dan berhadapan dengan asrama putri sehingga kebersihan dan kenyamanannya kurang
1.2 Rekomendasi
Perlu adanya penambahan perlengkapan dan peralatan sekolah
Ditingkatkannya kebersihan demi kenyamanan bersama
Perlu ditingkatkan rasa toleransi dan saling menghormati dan menghargai untuk kepentingan bersama.
1.2 Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?
Kekuatan
Perabot beserta alat-alat dan kelengkapan lainnya berada dalam kondisi yang baik dan terpelihara.
Sekolah kami  memiliki kebijakan untuk membantu menyediakan kemudahan layanan bagi semua peserta didik termasuk yang berkebutuhan khusus.
2. Standar Isi
Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
2.1 Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
SMP AL FAT-HIYAH ada pada tingkat 3
Kelemahan
-Kekurangan sumber pembelajaran dan media pembelajaran
-Karena kekurangan jumlah rombel sekolah kami harus membagi 2 shift waktu belajar yaitu pagi – siang
-
2.1 Rekomendasi
Peningkatan pembelajaran melalui media pendukung lain ( misalnya melalui media televisi, radio, surat kabar dan Internet )
Perlunya penambahan ruang kelas untuk menjadikan sekolah kami menjadi 1 shift.
2.1 Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
Kelebihan
Tenaga pendidik sudah mengikuti diklat dan pelatihan serta workshop tentang implementasi KTSP dan kurikulum 2013
Melaksanakan PAIKEM
Pelatihan penyusunan RPP dan Silabus oleh Pengawas
2.2 Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
Kelemahan
Kekurangan fasilitas penunjang kegiatan ekstrakurikuler
lapangan kurang memadai karena sering berbenturan pemakaiannya dengan pihak lain, tidak memiliki ruang serba guna, kekurangan pelatih untuk kegiatan ekskul
2.2 Rekomendasi
Memberikan fasilitas penunjang kegiatan ekstrakulikuler seperti matras dan perlengkapan ekskul lain seperti ( seragam tari,marawis seragam paskibra)alat-alat marawis, pramuka, taekwondo dll.
Adanya keleluasaan pemakaian lapangan olahraga saat jam pelajaran dan saat kegiatan ekstrakurikuler
2.2 Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
Kelebihan
Ekstra Kurikuler
*Kami menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler : Taekwondo, Pramuka, Menari, Marawis, Paskibra
*Kami menyelenggarakan berdasarkan kebutuhan peserta didik ( Jenis kelamin, minat, bakat dan usia peserta didik )
*Kami mengorgansasikan kegiatan Ekstra Kurikuler ( program perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tindak lanjut)
Kegiatan ekstrakulikuler yang di latih oleh pelatih yang kompeten dibidangnya terdiri dari kalangan Sipil, TNI dan Polri
Bimbingan dan Konseling
*Kami menyelenggarakan kegiatan BK
*Kami mengorganisasikan kegiatan BK (program/perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tindak lanjut )
3. Standar Proses
Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?
Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?
Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?
Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?
Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?
Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?
3.1 Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?
Kelemahan
Masih adanya peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM) sehingga silabus belum maksimal digunakan
Target alokasi waktu yang kurang memadai membuat peserta didik tidak maksimal pemahamannya.
3.1 Rekomendasi
Diadakannya bimbingan belajar bagi peserta didik yang belum mencapai krteria ketuntasan minimal
3.1 Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?
Kelebihan
80 % Silabus sudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah kami
selalu mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam penyusunan silabus
relevan dengan tingkat usia dan minat peserta didik sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif menarik aktif menyenangkan.
3.2 Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?
Kelemahan
Proses pembelajaran tidak hanya mengacu pada RPP untuk memenuhi berbagai kebutuhan peserta didik
Alokasi waktu yang kurang mencukupi dalam pencapaian target RPP
3.2 REKOMENDASI
Diberikannya pengayaan melalui sumber belajar lain
Penambahan waktu pertemuan antara guru dan siswa
3.2 Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?
Kelebihan
Pendidik di sekolah kami menyusun program Semester dan Program Tahunan.
Pendidik  memiliki  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
RPP direview setiap tahun.
RPP memuat Identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator
Pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi
    waktuMetode  pembelajaranKegiatan  pembelajaran,
Penilaian hasil Belajar, dan sumber belajar.
3.3 Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat
Kelemahan
Kurangnya bahan penunjang pembelajaran
Kurangnya pemanfaatan tempat belajar dalam kegiatan pembelajaran
Kurangnya pemahaman siswa terhadap model pembelajaran
3.3 REKOMENDASI
Memberikan materi penunjang sebagai bahan ajar tambahan
Mengoptimalkan penggunaan tempat kegiatan pembelajaran
Seringnya menampilkan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan
3.3 Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat
Kelebihan
Guru SMP AL FAT-HIYAH memiliki kemampuan menggunakan media pembelajaran
Tersedianya buku panduan serta sumber referensi pembelajaran lain
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi kemampuan peserta didik
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu menciptakan suasana belajar yang berbeda baik di dalam maupun di luar ruangan
3.4 Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM / CTL ?
Kelemahan
Peserta didik belum mampu bekerja secara mandiri dalam menyelesaikan masalah
Peserta didik belum dapat menyalurkan ide dan pendapat serta memberi kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan yang baru
Tidak semua peserta didik dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran
3.4 REKOMENDASI
Memberikan pelatihan kemandirian peserta didik dalam menyelesaikan tugas
Memberikan umpan terhadap peserta didik untuk mengeksplor kemampuan dan keterampilannya
Menitikberatkan proses pembelajaran pada keaktifan peserta didik
3.4 Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM / CTL ?
Kelebihan
Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang beragam
Peserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan terlibat langsung dalam pembelajaran
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu mengelola kelas secara efektif
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu melaksanakan rencana pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotifasi untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi
3.5 Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?
Kelemahan
Tidak adanya pembedaan dalam pemberian tugas terhadap peserta didik
Tidak adanya guru pendamping bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus
Kurangnya peran orang tua dalam pencapaian target belajar
3.5 REKOMENDASI
Adanya perhatian lebih terhadap siswa yang berkebutuhan khusus
Diadakan / diberikan guru pendamping bagi anak yang berkebutuhan khusus
Adanya komunikasi yang baik antara guru dan wali murid
3.5 Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?
Kelebihan
Guru menghargai pendapat peserta didik
Guru mengakomodasi semua kebutuhan peserta didik dalam hal memahami pelajaran
Guru memotifasi peserta didik untuk menggali potensi yang dimiliki peserta didik
3.6 Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan semangat berprestasi?
Kelemahan
Tidak semua peserta didik berperilaku baik dan mampu mencapai prestasi belajar secara optimal
Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap motivasi yang diberikan guru
Kurangnya penerapan pendidikan inklusif terhadap peserta didik
3.6 REKOMENDASI
Meningkatkan kedisiplinan siswa agar tercapai prestasi belajar yang optimal
Adanya perhatian lebih untuk menunjang pemahaman peserta didik yang berkebutuhan khusus
3.6 Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan semangat berprestasi?
Kelebihan
SMP AL FAT-HIYAH memberikan motivasi yang tinggi agar peserta didik mampu meningkatkan prestasi baik dalam bidang akademis maupun non akademis
Adanya perlakuan yang sama terhadap semua peserta didik
Guru SMP AL FAT-HIYAH konsisten dalam memberikan apresiasi terhadap siswa yang berprestasi
4. Standar Penilaian Pendidikan
Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?
4. 1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Kelemahan
Masih ada sebagian kecil siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal karena memang berkebutuhan khusus
4.1 Rekomendasi
Perlunya pengadaan pembimbing bagi siswa yang berkebutuhan khusus
4. 1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Kelebihan
pendidik menerapkan berbagai metode dan penilaian untuk memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik (tes, observasi, penugasan, diskusi, kerja kelompok)
4. 2 Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Kelemahan
Adanya orang tua siswa yang masih cenderung untuk bersikap apatis atau tidak peduli terhadap kemajuan anak di sekolah
Siswa masih ada yang belum termotivasi untuk meningkatkan minat belajar
4.2 Rekomendasi
Perlu adanya komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua atau wali murid
Memberikan penyuluhan karakter building melalu lembaga tertentu
4. 2 Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Kelebihan
pendidik mereview tingkat kemajuan semua peserta didik pada akhir setiap semester dan mempergunakan informasi untuk merencanakan program pembelajaran berikutnya,
menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan menyusun/melaksanakan rencana tindak lanjutnya, pendidik melaksanakan perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik dan melaporkan hasilnya kepada Orangtua peserta didik
pendidik secara rutin menyimpan catatan dan memastikan kemajuan peserta didik dalam tingkat yang sesuai dengan cara mempergunakan penilaian untuk memberikan masukan dalam perencanaan mereka,
 pendidik melaporkan hasil penilaian yang disertai komentar perbaikan kepada orang tua peserta didik
4. 3 Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?
Kelemahan
Masih ada orang tua siswa yang apatis terhadap pendidikan anaknya di sekolah
Masih ada orang tua siswa yang seolah-olah lepas tanggung jawab terhadap pendidikan anaknya di rumah
Masih ada orang tua siswa yang tidak peduli terhadap hasil pencapaian proses belajar mengajar
4.3 Rekomendasi
Melakukan pertemuan rutin antara pihak sekolah dengan orang tua siswa
 menanamkan pemahaman ke Orang tua siswa tentang pentingnya tanggung jawab untuk kemajuan prestasi siswa tersebut
4. 3 Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?
Kelebihan
Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam buku laporan pendidikan (Raport)
Sekolah melaporkan hasil bimbingan dan konseling terhadap orangtua peserta didik
5. Standar Kompetensi Lulusan
Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan?
Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat?
6. Standar Pengelolaan
Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?
Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?
Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar
Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?
Bagaimana cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan?
Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?
7. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi?
8. Standar Pembiayaan
Bagaimana sekolah mengelola keuangan?
Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?
Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?
PENILAIAN EDS
Evaluasi EDS didasarkan pada seperangkat indikator pada setiap judul yang dikaitkan dengan standar nasional
Peringkat kinerja sekolah diberikan berdasarkan skala nilai 1 sampai 4, sbb:
    4 = Melampaui SNP
    3 = Memenuhi SNP
    2 = Memenuhi SPM
    1 = Belum Memenuhi SPM
Bukti Fisik dalam EDS
 Siapa yang Melaksanakan  EDS
Apa yang diperlukan dalam EDS
 Manfaat EDS
Apa MSPD?
       Monitoring yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah (terutama  Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian  Agama) terhadap kinerja sekolah secara menyeluruh dalam  mencapai SPM dan SNP dan hasilnya  menjadi dasar perencanaan dan tindakan selanjutnya dalam upaya penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan.
Apa Tujuan  MSPD
Agar instansi tingkat kab/kota dapat  memperoleh data  secara menyeluruh  tentang kinerja  sekolah, kepala sekolah dan guru dalam  pencapaian SPM dan SNP yang akan menjadi dasar untuk perencanaan dan tindakan TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta diharapkan mampu memahami:
§Latar belakang (SPMP)
§Konsep EDS
§Tujuan EDS
§Ruang lingkup EDS
§Instrumen EDS
§Tingkat Pencapaian EDS
§Bukti Fisik EDS
§Pelaksana EDS
§Manfaat EDS (MSPD)
§
§
§
§
§
§
PARADIGMA BARU SPMP
 
    SPMP memperkenalkan sebuah pergeseran dari paradigma yang bertumpu kepada inspeksi eksternal menuju paradigma yang bertumpu kepada tanggung jawab tiap pemangku kepentingan pendidikan untuk menjamin dan meningkatkan mutu pendidikan. 
   PENJAMINAN MUTU INTERNAL OLEH SATUAN PENDIDIKAN
Pengelolaan satuan pendidikan pada jenjang dikdasmen menerapkan manajemen berbasis sekolah : kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas
  (PP no. 19/2005 pasal 49)
Satuan Pendidikan mengembangkan visi dan misi…. dan evaluasi kinerja masing-masing (PP no. 19/2005 pasal 65)
Satuan Pendidikan wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan untuk memenuhi atau melampaui SNP (PP no.19/2005 pasal 91)
FILSAFAT PENJAMINAN MUTU
v Mutu berproses dan bukan tujuan 
    akhir (Quality is a Journey,
    not a Destination)
v Mutu adalah tanggung jawab 
    bersama (Quality is everybody’s
    business)
v
Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
STRATEGI PENGKAJIAN MUTU PENDIDIKAN
 Konsep EDS
ALAT EVALUASI DIRI SEKOLAH
l Didasarkan SPM dan Standar Nasional Pendidikan
l Sekolah melaporkan situasi nyata  yang ada
    di sekolah
l Sekolah mengevaluasi keefektifannya
    dengan menjawab pertanyaan dalam
    instrumen dengan jujur dan benar 
l Sekolah mengevaluasi kekuatan dan
    kelemahannya
l Menyediakan informasi bagi RPS
l Sekolah mampu menunjukkan perbaikan
    seiring dengan waktu berjalan
l Pemutakhiran sistem Manajemen Informasi 
    Sekolah
Lanjutan….
 Alat EDS sebagai Pedoman Proses Evaluasi Diri  Sekolah
 Kepsek, pengawas, perwakilan komite sekolah, guru, orang tua   (tokoh masyarakat/agama) bekerja sama dalam melakukan Proses Evaluasi
Proses Evaluasi Diri Sekolah merupakan Siklus, dimana sekolah melakukan proses EDS setiap tahun
Tim mengumpulkan informasi untuk menilai kinerja sekolah  didasarkan atas indikator- indikator kunci yang dirumuskan
Informasi yang dikumpulkan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan aspek yang menjadi prioritas dalam perencanaan peningkatan dan pengembangan sekolah
 Tujuan EDS
RUANG LINGKUP EDS
EDS menjawab 3 pertanyaan utama :
1.Seberapa baik kinerja sekolah kita?
2.Bagaimana kita mengetahuinya?
3.Bagaimana kita memperbaikinya?
Instrumen EDS
q  Identifikasi indikator esensial (SPM
     dan SNP)
q  Rumusan spesifikasi empirik
q  Deskripsi kinerja pencapaian
q  Dukungan bukti fisik
q  Posisi pencapaian kinerja
q
FORM ANALISIS KEKUATAN DAN PERMASALAHAN SEKOLAH
FORM ANALISIS SWOT SEKOLAH
1. Standar Sarana dan Prasarana
Apakah sarana sekolah sudah memadai?
Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?
1.1 Apakah sarana sekolah sudah memadai?
Kelemahan
Ukuran tinggi atap terlalu rendah
Ukuran ruangan kurang luas
Jumlah ruangan kurang
Perpustakaan sulit di akses karena di pagar sekolah lain.
Tidak memiliki laboratorium IPA
Kamar mandi yang masih bergabung
Lapangan olahraga terbatas karena masih bergabung ( tidak dapat bermain bola besar/sepak bola )
1.1 Rekomendasi
Perlu adanya perbaikan (Renovasi) terhadap gedung sekolah
Diadakannya shift (pagi -  siang)
Mengajukan : Pengadaan Lab IPA
Pemisahan toilet ( pria dan wanita ) serta
    ( guru&siswa)
1. 1 Apakah sarana sekolah sudah memadai?
SMP AL FATHIYAH ada pada Tingkat 3 karena :
kelebihan
Telah memenuhi standar terkait dengan sarana, prasarana dan peralatan, memenuhi standar dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar. memiliki dan menggunakan  sarpras sesuai standar yang ditetapkan. Sekitar 95% calon siswa di sekitar sekolah mendapat akses belajar disekolah kami.
1.2 Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?
Kelemahan
Masih kekurangan jumlah peralatan dan perlengkapan
Pagar pengaman koridor terlalu rendah
Sekolah kami masih satu atap dan berhadapan dengan asrama putri sehingga kebersihan dan kenyamanannya kurang
1.2 Rekomendasi
Perlu adanya penambahan perlengkapan dan peralatan sekolah
Ditingkatkannya kebersihan demi kenyamanan bersama
Perlu ditingkatkan rasa toleransi dan saling menghormati dan menghargai untuk kepentingan bersama.
1.2 Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?
Kekuatan
Perabot beserta alat-alat dan kelengkapan lainnya berada dalam kondisi yang baik dan terpelihara.
Sekolah kami  memiliki kebijakan untuk membantu menyediakan kemudahan layanan bagi semua peserta didik termasuk yang berkebutuhan khusus.
2. Standar Isi
Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
2.1 Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
SMP AL FAT-HIYAH ada pada tingkat 3
Kelemahan
-Kekurangan sumber pembelajaran dan media pembelajaran
-Karena kekurangan jumlah rombel sekolah kami harus membagi 2 shift waktu belajar yaitu pagi – siang
-
2.1 Rekomendasi
Peningkatan pembelajaran melalui media pendukung lain ( misalnya melalui media televisi, radio, surat kabar dan Internet )
Perlunya penambahan ruang kelas untuk menjadikan sekolah kami menjadi 1 shift.
2.1 Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
Kelebihan
Tenaga pendidik sudah mengikuti diklat dan pelatihan serta workshop tentang implementasi KTSP dan kurikulum 2013
Melaksanakan PAIKEM
Pelatihan penyusunan RPP dan Silabus oleh Pengawas
2.2 Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
Kelemahan
Kekurangan fasilitas penunjang kegiatan ekstrakurikuler
lapangan kurang memadai karena sering berbenturan pemakaiannya dengan pihak lain, tidak memiliki ruang serba guna, kekurangan pelatih untuk kegiatan ekskul
2.2 Rekomendasi
Memberikan fasilitas penunjang kegiatan ekstrakulikuler seperti matras dan perlengkapan ekskul lain seperti ( seragam tari,marawis seragam paskibra)alat-alat marawis, pramuka, taekwondo dll.
Adanya keleluasaan pemakaian lapangan olahraga saat jam pelajaran dan saat kegiatan ekstrakurikuler
2.2 Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
Kelebihan
Ekstra Kurikuler
*Kami menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler : Taekwondo, Pramuka, Menari, Marawis, Paskibra
*Kami menyelenggarakan berdasarkan kebutuhan peserta didik ( Jenis kelamin, minat, bakat dan usia peserta didik )
*Kami mengorgansasikan kegiatan Ekstra Kurikuler ( program perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tindak lanjut)
Kegiatan ekstrakulikuler yang di latih oleh pelatih yang kompeten dibidangnya terdiri dari kalangan Sipil, TNI dan Polri
Bimbingan dan Konseling
*Kami menyelenggarakan kegiatan BK
*Kami mengorganisasikan kegiatan BK (program/perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tindak lanjut )
3. Standar Proses
Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?
Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?
Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?
Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?
Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?
Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?
3.1 Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?
Kelemahan
Masih adanya peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM) sehingga silabus belum maksimal digunakan
Target alokasi waktu yang kurang memadai membuat peserta didik tidak maksimal pemahamannya.
3.1 Rekomendasi
Diadakannya bimbingan belajar bagi peserta didik yang belum mencapai krteria ketuntasan minimal
3.1 Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?
Kelebihan
80 % Silabus sudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah kami
selalu mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam penyusunan silabus
relevan dengan tingkat usia dan minat peserta didik sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif menarik aktif menyenangkan.
3.2 Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?
Kelemahan
Proses pembelajaran tidak hanya mengacu pada RPP untuk memenuhi berbagai kebutuhan peserta didik
Alokasi waktu yang kurang mencukupi dalam pencapaian target RPP
3.2 REKOMENDASI
Diberikannya pengayaan melalui sumber belajar lain
Penambahan waktu pertemuan antara guru dan siswa
3.2 Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?
Kelebihan
Pendidik di sekolah kami menyusun program Semester dan Program Tahunan.
Pendidik  memiliki  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
RPP direview setiap tahun.
RPP memuat Identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator
Pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi
    waktuMetode  pembelajaranKegiatan  pembelajaran,
Penilaian hasil Belajar, dan sumber belajar.
3.3 Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat
Kelemahan
Kurangnya bahan penunjang pembelajaran
Kurangnya pemanfaatan tempat belajar dalam kegiatan pembelajaran
Kurangnya pemahaman siswa terhadap model pembelajaran
3.3 REKOMENDASI
Memberikan materi penunjang sebagai bahan ajar tambahan
Mengoptimalkan penggunaan tempat kegiatan pembelajaran
Seringnya menampilkan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan
3.3 Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat
Kelebihan
Guru SMP AL FAT-HIYAH memiliki kemampuan menggunakan media pembelajaran
Tersedianya buku panduan serta sumber referensi pembelajaran lain
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi kemampuan peserta didik
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu menciptakan suasana belajar yang berbeda baik di dalam maupun di luar ruangan
3.4 Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM / CTL ?
Kelemahan
Peserta didik belum mampu bekerja secara mandiri dalam menyelesaikan masalah
Peserta didik belum dapat menyalurkan ide dan pendapat serta memberi kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan yang baru
Tidak semua peserta didik dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran
3.4 REKOMENDASI
Memberikan pelatihan kemandirian peserta didik dalam menyelesaikan tugas
Memberikan umpan terhadap peserta didik untuk mengeksplor kemampuan dan keterampilannya
Menitikberatkan proses pembelajaran pada keaktifan peserta didik
3.4 Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM / CTL ?
Kelebihan
Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang beragam
Peserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan terlibat langsung dalam pembelajaran
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu mengelola kelas secara efektif
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu melaksanakan rencana pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotifasi untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi
3.5 Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?
Kelemahan
Tidak adanya pembedaan dalam pemberian tugas terhadap peserta didik
Tidak adanya guru pendamping bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus
Kurangnya peran orang tua dalam pencapaian target belajar
3.5 REKOMENDASI
Adanya perhatian lebih terhadap siswa yang berkebutuhan khusus
Diadakan / diberikan guru pendamping bagi anak yang berkebutuhan khusus
Adanya komunikasi yang baik antara guru dan wali murid
3.5 Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?
Kelebihan
Guru menghargai pendapat peserta didik
Guru mengakomodasi semua kebutuhan peserta didik dalam hal memahami pelajaran
Guru memotifasi peserta didik untuk menggali potensi yang dimiliki peserta didik
3.6 Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan semangat berprestasi?
Kelemahan
Tidak semua peserta didik berperilaku baik dan mampu mencapai prestasi belajar secara optimal
Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap motivasi yang diberikan guru
Kurangnya penerapan pendidikan inklusif terhadap peserta didik
3.6 REKOMENDASI
Meningkatkan kedisiplinan siswa agar tercapai prestasi belajar yang optimal
Adanya perhatian lebih untuk menunjang pemahaman peserta didik yang berkebutuhan khusus
3.6 Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan semangat berprestasi?
Kelebihan
SMP AL FAT-HIYAH memberikan motivasi yang tinggi agar peserta didik mampu meningkatkan prestasi baik dalam bidang akademis maupun non akademis
Adanya perlakuan yang sama terhadap semua peserta didik
Guru SMP AL FAT-HIYAH konsisten dalam memberikan apresiasi terhadap siswa yang berprestasi
4. Standar Penilaian Pendidikan
Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?
4. 1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Kelemahan
Masih ada sebagian kecil siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal karena memang berkebutuhan khusus
4.1 Rekomendasi
Perlunya pengadaan pembimbing bagi siswa yang berkebutuhan khusus
4. 1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Kelebihan
pendidik menerapkan berbagai metode dan penilaian untuk memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik (tes, observasi, penugasan, diskusi, kerja kelompok)
4. 2 Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Kelemahan
Adanya orang tua siswa yang masih cenderung untuk bersikap apatis atau tidak peduli terhadap kemajuan anak di sekolah
Siswa masih ada yang belum termotivasi untuk meningkatkan minat belajar
4.2 Rekomendasi
Perlu adanya komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua atau wali murid
Memberikan penyuluhan karakter building melalu lembaga tertentu
4. 2 Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Kelebihan
pendidik mereview tingkat kemajuan semua peserta didik pada akhir setiap semester dan mempergunakan informasi untuk merencanakan program pembelajaran berikutnya,
menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan menyusun/melaksanakan rencana tindak lanjutnya, pendidik melaksanakan perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik dan melaporkan hasilnya kepada Orangtua peserta didik
pendidik secara rutin menyimpan catatan dan memastikan kemajuan peserta didik dalam tingkat yang sesuai dengan cara mempergunakan penilaian untuk memberikan masukan dalam perencanaan mereka,
 pendidik melaporkan hasil penilaian yang disertai komentar perbaikan kepada orang tua peserta didik
4. 3 Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?
Kelemahan
Masih ada orang tua siswa yang apatis terhadap pendidikan anaknya di sekolah
Masih ada orang tua siswa yang seolah-olah lepas tanggung jawab terhadap pendidikan anaknya di rumah
Masih ada orang tua siswa yang tidak peduli terhadap hasil pencapaian proses belajar mengajar
4.3 Rekomendasi
Melakukan pertemuan rutin antara pihak sekolah dengan orang tua siswa
 menanamkan pemahaman ke Orang tua siswa tentang pentingnya tanggung jawab untuk kemajuan prestasi siswa tersebut
4. 3 Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?
Kelebihan
Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam buku laporan pendidikan (Raport)
Sekolah melaporkan hasil bimbingan dan konseling terhadap orangtua peserta didik
5. Standar Kompetensi Lulusan
Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan?
Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat?
6. Standar Pengelolaan
Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?
Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?
Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar
Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?
Bagaimana cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan?
Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?
7. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi?
8. Standar Pembiayaan
Bagaimana sekolah mengelola keuangan?
Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?
Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?
PENILAIAN EDS
Evaluasi EDS didasarkan pada seperangkat indikator pada setiap judul yang dikaitkan dengan standar nasional
Peringkat kinerja sekolah diberikan berdasarkan skala nilai 1 sampai 4, sbb:
    4 = Melampaui SNP
    3 = Memenuhi SNP
    2 = Memenuhi SPM
    1 = Belum Memenuhi SPM
Bukti Fisik dalam EDS
 Siapa yang Melaksanakan  EDS
Apa yang diperlukan dalam EDS
 Manfaat EDS
Apa MSPD?
       Monitoring yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah (terutama  Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian  Agama) terhadap kinerja sekolah secara menyeluruh dalam  mencapai SPM dan SNP dan hasilnya  menjadi dasar perencanaan dan tindakan selanjutnya dalam upaya penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan.
Apa Tujuan  MSPD
Agar instansi tingkat kab/kota dapat  memperoleh data  secara menyeluruh  tentang kinerja  sekolah, kepala sekolah dan guru dalam  pencapaian SPM dan SNP yang akan menjadi dasar untuk perencanaan dan tindakan perbaikan kinerja selanjutnya secara umum.
Penggunaan Hasil MSPD
1. Perencanaan
2. Pembiyaan serta alokasi sumberdaya  
    dan dana
3. Pengembangan kebijakan
4. Pengembangan profesional yang 
    berkelanjutan
5. Peningkatan sekolah
MSPD
Pengawas menyusun MSPD berdasarkan hasil EDS setiap sekolah
Pengawas menyusun MSPD agregasi dari seluruh sekolah yang dibina
Lokakarya menyusun agregasi MSPD dari seluruh laporan agregasi pengawas (bahan perencanaan dinas kabupaten/kota)
Struktur EDS-MSPD
perbaikan kinerja selanjutnya secara umum.
Penggunaan Hasil MSPD
1. Perencanaan
2. Pembiyaan serta alokasi sumberdaya  
    dan dana
3. Pengembangan kebijakan
4. Pengembangan profesional yang 
    berkelanjutan
5. Peningkatan sekolah
MSPD
Pengawas menyusun MSPD berdasarkan hasil EDS setiap sekolah
Pengawas menyusun MSPD agregasi dari seluruh sekolah yang dibina
Lokakarya menyusun agregasi MSPD dari seluruh laporan agregasi pengawas (bahan perencanaan dinas kabupaten/kota)


Struktur EDS-MSPD

Comments

Popular posts from this blog

Proposal Perkemahan Satu Hari Pramuka Siaga

SOAL UAS PLKJ KLS VIII

BERITA ACARA RAPAT KERJA