TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta diharapkan mampu memahami:
§Latar
belakang (SPMP)
§Konsep
EDS
§Tujuan
EDS
§Ruang
lingkup EDS
§Instrumen
EDS
§Tingkat
Pencapaian EDS
§Bukti
Fisik EDS
§Pelaksana
EDS
§Manfaat
EDS (MSPD)
§
§
§
§
§
§
PARADIGMA BARU SPMP
SPMP
memperkenalkan sebuah
pergeseran dari paradigma yang bertumpu kepada inspeksi eksternal menuju
paradigma yang bertumpu kepada tanggung jawab tiap pemangku kepentingan
pendidikan untuk menjamin dan meningkatkan mutu pendidikan.
PENJAMINAN MUTU INTERNAL OLEH SATUAN PENDIDIKAN
Pengelolaan satuan pendidikan pada jenjang dikdasmen menerapkan
manajemen berbasis sekolah : kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan,
dan akuntabilitas
(PP no. 19/2005 pasal
49)
Satuan Pendidikan mengembangkan visi dan misi…. dan evaluasi
kinerja masing-masing (PP no. 19/2005 pasal 65)
Satuan Pendidikan wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan
untuk memenuhi atau melampaui SNP (PP no.19/2005 pasal 91)
FILSAFAT PENJAMINAN MUTU
v
Mutu berproses dan bukan tujuan
akhir (Quality is a Journey,
not a Destination)
v
Mutu adalah tanggung jawab
bersama (Quality is everybody’s
business)
v
Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
STRATEGI PENGKAJIAN MUTU PENDIDIKAN
Konsep EDS
ALAT EVALUASI DIRI SEKOLAH
l Didasarkan SPM dan Standar Nasional Pendidikan
l Sekolah melaporkan situasi nyata yang ada
di sekolah
l Sekolah mengevaluasi keefektifannya
dengan menjawab pertanyaan
dalam
instrumen dengan jujur dan benar
l Sekolah mengevaluasi kekuatan dan
kelemahannya
l Menyediakan informasi bagi RPS
l Sekolah mampu menunjukkan perbaikan
seiring dengan waktu berjalan
l Pemutakhiran sistem Manajemen Informasi
Sekolah
Lanjutan….
Alat EDS sebagai Pedoman Proses
Evaluasi Diri Sekolah
Kepsek, pengawas, perwakilan
komite sekolah, guru, orang tua (tokoh
masyarakat/agama) bekerja sama dalam melakukan Proses Evaluasi
Proses Evaluasi Diri Sekolah merupakan Siklus, dimana sekolah melakukan
proses EDS setiap tahun
Tim mengumpulkan informasi untuk menilai kinerja sekolah didasarkan atas indikator- indikator kunci
yang dirumuskan
Informasi yang dikumpulkan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan
aspek yang menjadi prioritas dalam perencanaan peningkatan dan pengembangan
sekolah
Tujuan EDS
RUANG
LINGKUP EDS
EDS menjawab 3 pertanyaan utama :
1.Seberapa baik kinerja sekolah kita?
2.Bagaimana kita mengetahuinya?
3.Bagaimana kita memperbaikinya?
Instrumen EDS
q Identifikasi
indikator esensial (SPM
dan SNP)
q Rumusan
spesifikasi empirik
q Deskripsi
kinerja pencapaian
q Dukungan bukti
fisik
q Posisi
pencapaian kinerja
q
FORM ANALISIS KEKUATAN DAN
PERMASALAHAN SEKOLAH
FORM ANALISIS SWOT SEKOLAH
1.
Standar
Sarana dan Prasarana
Apakah sarana sekolah sudah memadai?
Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?
1.1 Apakah sarana sekolah sudah memadai?
Kelemahan
Ukuran tinggi atap terlalu rendah
Ukuran ruangan kurang luas
Jumlah ruangan kurang
Perpustakaan sulit di akses karena di pagar sekolah lain.
Tidak memiliki laboratorium IPA
Kamar mandi yang masih bergabung
Lapangan olahraga terbatas karena masih bergabung ( tidak
dapat bermain bola besar/sepak bola )
1.1 Rekomendasi
Perlu adanya perbaikan (Renovasi) terhadap gedung sekolah
Diadakannya shift (pagi - siang)
Mengajukan : Pengadaan Lab IPA
Pemisahan toilet ( pria dan wanita ) serta
( guru&siswa)
1. 1 Apakah sarana sekolah sudah memadai?
SMP AL FATHIYAH ada
pada Tingkat 3 karena :
kelebihan
Telah memenuhi standar terkait dengan sarana, prasarana dan peralatan, memenuhi standar dalam hal jumlah peserta didik
pada setiap rombongan belajar. memiliki dan
menggunakan sarpras sesuai standar yang
ditetapkan. Sekitar 95% calon siswa di sekitar sekolah mendapat akses belajar disekolah kami.
1.2 Apakah sekolah dalam kondisi
terpelihara baik?
Kelemahan
Masih kekurangan jumlah peralatan dan perlengkapan
Pagar pengaman koridor terlalu rendah
Sekolah kami masih satu atap dan berhadapan dengan asrama putri sehingga
kebersihan dan kenyamanannya kurang
1.2 Rekomendasi
Perlu adanya penambahan perlengkapan dan peralatan sekolah
Ditingkatkannya kebersihan demi kenyamanan bersama
Perlu ditingkatkan rasa toleransi dan saling menghormati dan menghargai
untuk kepentingan bersama.
1.2 Apakah sekolah dalam kondisi
terpelihara baik?
Kekuatan
Perabot beserta alat-alat dan kelengkapan lainnya berada dalam kondisi yang
baik dan terpelihara.
Sekolah kami memiliki kebijakan
untuk membantu menyediakan kemudahan layanan bagi semua peserta didik termasuk
yang berkebutuhan khusus.
2.
Standar
Isi
Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan
pribadi peserta didik?
2.1 Apakah kurikulum sudah sesuai dan
relevan?
SMP AL FAT-HIYAH ada pada tingkat 3
Kelemahan
-Kekurangan
sumber pembelajaran dan media pembelajaran
-Karena
kekurangan jumlah rombel sekolah kami harus membagi 2 shift waktu belajar yaitu
pagi – siang
-
2.1 Rekomendasi
Peningkatan pembelajaran melalui media pendukung lain ( misalnya melalui
media televisi, radio, surat kabar dan Internet )
Perlunya penambahan ruang kelas untuk menjadikan sekolah kami menjadi 1
shift.
2.1 Apakah kurikulum sudah sesuai dan
relevan?
Kelebihan
Tenaga pendidik sudah mengikuti diklat dan pelatihan serta workshop tentang
implementasi KTSP dan kurikulum 2013
Melaksanakan PAIKEM
Pelatihan penyusunan RPP dan Silabus oleh Pengawas
2.2 Bagaimana sekolah menyediakan apa
yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
Kelemahan
Kekurangan fasilitas penunjang kegiatan ekstrakurikuler
lapangan kurang memadai karena sering berbenturan pemakaiannya dengan pihak
lain, tidak memiliki ruang serba guna, kekurangan pelatih untuk kegiatan ekskul
2.2 Rekomendasi
Memberikan fasilitas penunjang kegiatan ekstrakulikuler seperti matras dan
perlengkapan ekskul lain seperti ( seragam tari,marawis seragam
paskibra)alat-alat marawis, pramuka, taekwondo dll.
Adanya keleluasaan pemakaian lapangan olahraga saat jam pelajaran dan saat
kegiatan ekstrakurikuler
2.2 Bagaimana sekolah menyediakan apa yang
dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
Kelebihan
Ekstra Kurikuler
*Kami menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler :
Taekwondo, Pramuka, Menari, Marawis, Paskibra
*Kami menyelenggarakan berdasarkan kebutuhan peserta didik ( Jenis kelamin, minat, bakat dan usia peserta didik )
*Kami mengorgansasikan kegiatan Ekstra Kurikuler ( program
perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tindak lanjut)
Kegiatan ekstrakulikuler yang di latih oleh pelatih yang
kompeten dibidangnya terdiri dari kalangan Sipil, TNI dan Polri
Bimbingan dan
Konseling
*Kami menyelenggarakan kegiatan BK
*Kami mengorganisasikan kegiatan BK (program/perencanaan,
catatan kegiatan, evaluasi, rencana tindak lanjut )
3. Standar
Proses
Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?
Apakah RPP direncanakan untuk mencapai
pembelajaran efektif?
Apakah sumber belajar untuk pembelajaran
dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?
Apakah pembelajaran menerapkan
prinsip-prinsip PAKEM/CTL?
Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta
didik?
Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan
mempertahankan etos pencapaian prestasi?
3.1 Apakah silabus sudah sesuai dan
relevan?
Kelemahan
Masih adanya peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal
( KKM) sehingga silabus belum maksimal digunakan
Target alokasi waktu yang kurang memadai membuat peserta didik tidak
maksimal pemahamannya.
3.1 Rekomendasi
Diadakannya bimbingan belajar bagi peserta didik yang belum mencapai
krteria ketuntasan minimal
3.1 Apakah silabus sudah sesuai dan
relevan?
Kelebihan
80 % Silabus sudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan
peserta didik sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah kami
selalu mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran
dan komponennya dalam penyusunan silabus
relevan dengan tingkat usia dan minat peserta didik sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif menarik
aktif menyenangkan.
3.2 Apakah RPP direncanakan untuk mencapai
pembelajaran efektif?
Kelemahan
Proses pembelajaran
tidak hanya mengacu pada RPP untuk memenuhi berbagai kebutuhan peserta didik
Alokasi waktu yang
kurang mencukupi dalam pencapaian target RPP
3.2 REKOMENDASI
Diberikannya pengayaan melalui sumber belajar lain
Penambahan waktu pertemuan antara guru dan siswa
3.2 Apakah RPP direncanakan untuk mencapai
pembelajaran efektif?
Kelebihan
Pendidik di sekolah kami menyusun program Semester dan Program Tahunan.
Pendidik
memiliki
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran.
RPP direview setiap tahun.
RPP memuat Identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator
Pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi
ajar, alokasi
waktu, Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran,
Penilaian hasil Belajar, dan sumber belajar.
3.3 Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan
digunakan secara tepat
Kelemahan
Kurangnya bahan penunjang pembelajaran
Kurangnya pemanfaatan tempat belajar dalam kegiatan pembelajaran
Kurangnya pemahaman siswa terhadap model pembelajaran
3.3 REKOMENDASI
Memberikan materi penunjang sebagai bahan ajar tambahan
Mengoptimalkan penggunaan tempat kegiatan pembelajaran
Seringnya menampilkan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan
3.3 Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan
digunakan secara tepat
Kelebihan
Guru SMP AL FAT-HIYAH memiliki kemampuan menggunakan media
pembelajaran
Tersedianya buku panduan serta sumber referensi
pembelajaran lain
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu memberikan kesempatan bagi
siswa untuk mengeksplorasi kemampuan peserta didik
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu menciptakan suasana belajar
yang berbeda baik di dalam maupun di luar ruangan
3.4 Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM /
CTL ?
Kelemahan
Peserta didik belum mampu bekerja secara mandiri dalam
menyelesaikan masalah
Peserta didik belum dapat menyalurkan ide dan pendapat
serta memberi kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan yang
baru
Tidak semua peserta didik dapat terlibat aktif dalam proses
pembelajaran
3.4 REKOMENDASI
Memberikan pelatihan kemandirian peserta didik dalam menyelesaikan tugas
Memberikan umpan terhadap peserta didik untuk mengeksplor kemampuan dan
keterampilannya
Menitikberatkan proses pembelajaran pada keaktifan peserta didik
3.4 Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM /
CTL ?
Kelebihan
Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang beragam
Peserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan
pendapat dan terlibat langsung dalam pembelajaran
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu mengelola kelas secara efektif
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu melaksanakan rencana
pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotifasi
untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi
3.5 Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?
Kelemahan
Tidak adanya pembedaan dalam pemberian tugas terhadap peserta didik
Tidak adanya guru pendamping bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus
Kurangnya peran orang tua dalam pencapaian target belajar
3.5 REKOMENDASI
Adanya perhatian lebih terhadap siswa yang berkebutuhan khusus
Diadakan / diberikan guru pendamping bagi anak yang berkebutuhan khusus
Adanya komunikasi yang baik antara guru dan wali murid
3.5 Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?
Kelebihan
•Guru menghargai pendapat peserta didik
•Guru mengakomodasi semua kebutuhan peserta didik dalam hal
memahami pelajaran
•Guru memotifasi peserta didik untuk menggali potensi yang
dimiliki peserta didik
3.6 Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan
semangat berprestasi?
Kelemahan
Tidak semua peserta didik berperilaku baik dan mampu mencapai prestasi
belajar secara optimal
Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap motivasi yang diberikan guru
Kurangnya penerapan pendidikan inklusif terhadap peserta didik
3.6 REKOMENDASI
Meningkatkan kedisiplinan siswa agar tercapai prestasi belajar yang optimal
Adanya perhatian lebih untuk menunjang pemahaman peserta didik yang
berkebutuhan khusus
3.6 Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan
semangat berprestasi?
Kelebihan
SMP AL FAT-HIYAH memberikan motivasi yang tinggi agar
peserta didik mampu meningkatkan prestasi baik dalam bidang akademis maupun non
akademis
Adanya perlakuan yang sama terhadap semua peserta didik
Guru SMP AL FAT-HIYAH konsisten dalam memberikan apresiasi
terhadap siswa yang berprestasi
4. Standar
Penilaian Pendidikan
Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi
peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak
mereka?
4. 1 Sistem apakah yang sudah tersedia
untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik
maupun non akademik?
Kelemahan
Masih ada sebagian kecil siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal
karena memang berkebutuhan khusus
4.1 Rekomendasi
Perlunya pengadaan pembimbing bagi siswa yang berkebutuhan khusus
4. 1 Sistem apakah yang sudah tersedia
untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik
maupun non akademik?
Kelebihan
pendidik menerapkan berbagai metode
dan penilaian untuk memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik
(tes, observasi, penugasan, diskusi, kerja kelompok)
4. 2 Bagaimana penilaian berdampak pada
proses belajar?
Kelemahan
Adanya orang tua siswa yang masih cenderung untuk bersikap apatis atau
tidak peduli terhadap kemajuan anak di sekolah
Siswa masih ada yang belum termotivasi untuk meningkatkan minat belajar
4.2 Rekomendasi
Perlu adanya komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua
atau wali murid
Memberikan penyuluhan karakter building melalu lembaga tertentu
4. 2 Bagaimana penilaian berdampak pada
proses belajar?
Kelebihan
pendidik mereview tingkat kemajuan semua peserta didik pada
akhir setiap semester dan mempergunakan informasi untuk merencanakan program
pembelajaran berikutnya,
menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan menyusun/melaksanakan rencana
tindak lanjutnya, pendidik melaksanakan perbaikan dan pengayaan
terhadap peserta didik dan
melaporkan hasilnya kepada Orangtua peserta didik
pendidik secara rutin menyimpan catatan dan memastikan kemajuan peserta didik dalam
tingkat yang sesuai dengan cara mempergunakan penilaian untuk memberikan
masukan dalam perencanaan mereka,
pendidik melaporkan hasil penilaian yang disertai
komentar perbaikan kepada orang tua peserta didik
4. 3 Apakah orang tua peserta didik
terlibat dalam proses belajar anak mereka?
Kelemahan
Masih ada orang tua siswa yang apatis terhadap pendidikan
anaknya di sekolah
Masih ada orang tua siswa yang seolah-olah lepas tanggung
jawab terhadap pendidikan anaknya di rumah
Masih ada orang tua siswa yang tidak peduli terhadap hasil
pencapaian proses belajar mengajar
4.3 Rekomendasi
Melakukan pertemuan rutin antara pihak sekolah dengan orang tua siswa
menanamkan pemahaman ke Orang tua
siswa tentang pentingnya tanggung jawab untuk kemajuan prestasi siswa tersebut
4. 3 Apakah orang tua peserta didik
terlibat dalam proses belajar anak mereka?
Kelebihan
Sekolah melaporkan hasil penilaian mata
pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada
orangtua/wali peserta didik dalam buku laporan pendidikan (Raport)
Sekolah melaporkan
hasil bimbingan dan konseling terhadap orangtua peserta didik
5. Standar
Kompetensi Lulusan
Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan?
Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai
anggota masyarakat?
6. Standar
Pengelolaan
Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan
kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan
diketahui oleh semua pihak?
Apakah ada tujuan dan rencana untuk
perbaikan yang memadai?
Dampak rencana pengembangan sekolah
terhadap peningkatan hasil belajar
Bagaimanakah cara pengumpulan dan
penggunaan data yang handal dan valid?
Bagaimana cara mendukung dan memberikan
kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan?
Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil
bagian dalam kehidupan sekolah?
7. Standar
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi?
8. Standar
Pembiayaan
Bagaimana sekolah mengelola keuangan?
Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh
sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?
Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan
akses?
PENILAIAN
EDS
Evaluasi EDS didasarkan pada seperangkat
indikator pada setiap judul yang dikaitkan dengan standar nasional
Peringkat kinerja sekolah diberikan
berdasarkan skala nilai 1 sampai 4, sbb:
4 = Melampaui
SNP
3
= Memenuhi SNP
2
= Memenuhi SPM
1
= Belum Memenuhi SPM
Bukti Fisik dalam EDS
Siapa
yang Melaksanakan
EDS
Apa yang diperlukan dalam EDS
Manfaat EDS
Apa MSPD?
Monitoring yang dilaksanakan oleh
Pemerintah Daerah (terutama Dinas Pendidikan dan
Kantor Kementerian Agama) terhadap kinerja sekolah secara
menyeluruh dalam mencapai SPM dan SNP
dan hasilnya menjadi dasar perencanaan
dan tindakan selanjutnya dalam upaya penjaminan dan peningkatan mutu
pendidikan.
Apa Tujuan
MSPD
Agar instansi tingkat kab/kota
dapat memperoleh data secara menyeluruh tentang kinerja sekolah, kepala sekolah dan guru dalam pencapaian SPM dan SNP yang akan menjadi
dasar untuk perencanaan dan tindakan TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta diharapkan mampu memahami:
§Latar
belakang (SPMP)
§Konsep
EDS
§Tujuan
EDS
§Ruang
lingkup EDS
§Instrumen
EDS
§Tingkat
Pencapaian EDS
§Bukti
Fisik EDS
§Pelaksana
EDS
§Manfaat
EDS (MSPD)
§
§
§
§
§
§
PARADIGMA BARU SPMP
SPMP
memperkenalkan sebuah
pergeseran dari paradigma yang bertumpu kepada inspeksi eksternal menuju
paradigma yang bertumpu kepada tanggung jawab tiap pemangku kepentingan
pendidikan untuk menjamin dan meningkatkan mutu pendidikan.
PENJAMINAN MUTU INTERNAL OLEH SATUAN PENDIDIKAN
Pengelolaan satuan pendidikan pada jenjang dikdasmen menerapkan
manajemen berbasis sekolah : kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan,
dan akuntabilitas
(PP no. 19/2005 pasal
49)
Satuan Pendidikan mengembangkan visi dan misi…. dan evaluasi
kinerja masing-masing (PP no. 19/2005 pasal 65)
Satuan Pendidikan wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan
untuk memenuhi atau melampaui SNP (PP no.19/2005 pasal 91)
FILSAFAT PENJAMINAN MUTU
v
Mutu berproses dan bukan tujuan
akhir (Quality is a Journey,
not a Destination)
v
Mutu adalah tanggung jawab
bersama (Quality is everybody’s
business)
v
Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
STRATEGI PENGKAJIAN MUTU PENDIDIKAN
Konsep EDS
ALAT EVALUASI DIRI SEKOLAH
l Didasarkan SPM dan Standar Nasional Pendidikan
l Sekolah melaporkan situasi nyata yang ada
di sekolah
l Sekolah mengevaluasi keefektifannya
dengan menjawab pertanyaan
dalam
instrumen dengan jujur dan benar
l Sekolah mengevaluasi kekuatan dan
kelemahannya
l Menyediakan informasi bagi RPS
l Sekolah mampu menunjukkan perbaikan
seiring dengan waktu berjalan
l Pemutakhiran sistem Manajemen Informasi
Sekolah
Lanjutan….
Alat EDS sebagai Pedoman Proses
Evaluasi Diri Sekolah
Kepsek, pengawas, perwakilan
komite sekolah, guru, orang tua (tokoh
masyarakat/agama) bekerja sama dalam melakukan Proses Evaluasi
Proses Evaluasi Diri Sekolah merupakan Siklus, dimana sekolah melakukan
proses EDS setiap tahun
Tim mengumpulkan informasi untuk menilai kinerja sekolah didasarkan atas indikator- indikator kunci
yang dirumuskan
Informasi yang dikumpulkan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan
aspek yang menjadi prioritas dalam perencanaan peningkatan dan pengembangan
sekolah
Tujuan EDS
RUANG
LINGKUP EDS
EDS menjawab 3 pertanyaan utama :
1.Seberapa baik kinerja sekolah kita?
2.Bagaimana kita mengetahuinya?
3.Bagaimana kita memperbaikinya?
Instrumen EDS
q Identifikasi
indikator esensial (SPM
dan SNP)
q Rumusan
spesifikasi empirik
q Deskripsi
kinerja pencapaian
q Dukungan bukti
fisik
q Posisi
pencapaian kinerja
q
FORM ANALISIS KEKUATAN DAN
PERMASALAHAN SEKOLAH
FORM ANALISIS SWOT SEKOLAH
1.
Standar
Sarana dan Prasarana
Apakah sarana sekolah sudah memadai?
Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?
1.1 Apakah sarana sekolah sudah memadai?
Kelemahan
Ukuran tinggi atap terlalu rendah
Ukuran ruangan kurang luas
Jumlah ruangan kurang
Perpustakaan sulit di akses karena di pagar sekolah lain.
Tidak memiliki laboratorium IPA
Kamar mandi yang masih bergabung
Lapangan olahraga terbatas karena masih bergabung ( tidak
dapat bermain bola besar/sepak bola )
1.1 Rekomendasi
Perlu adanya perbaikan (Renovasi) terhadap gedung sekolah
Diadakannya shift (pagi - siang)
Mengajukan : Pengadaan Lab IPA
Pemisahan toilet ( pria dan wanita ) serta
( guru&siswa)
1. 1 Apakah sarana sekolah sudah memadai?
SMP AL FATHIYAH ada
pada Tingkat 3 karena :
kelebihan
Telah memenuhi standar terkait dengan sarana, prasarana dan peralatan, memenuhi standar dalam hal jumlah peserta didik
pada setiap rombongan belajar. memiliki dan
menggunakan sarpras sesuai standar yang
ditetapkan. Sekitar 95% calon siswa di sekitar sekolah mendapat akses belajar disekolah kami.
1.2 Apakah sekolah dalam kondisi
terpelihara baik?
Kelemahan
Masih kekurangan jumlah peralatan dan perlengkapan
Pagar pengaman koridor terlalu rendah
Sekolah kami masih satu atap dan berhadapan dengan asrama putri sehingga
kebersihan dan kenyamanannya kurang
1.2 Rekomendasi
Perlu adanya penambahan perlengkapan dan peralatan sekolah
Ditingkatkannya kebersihan demi kenyamanan bersama
Perlu ditingkatkan rasa toleransi dan saling menghormati dan menghargai
untuk kepentingan bersama.
1.2 Apakah sekolah dalam kondisi
terpelihara baik?
Kekuatan
Perabot beserta alat-alat dan kelengkapan lainnya berada dalam kondisi yang
baik dan terpelihara.
Sekolah kami memiliki kebijakan
untuk membantu menyediakan kemudahan layanan bagi semua peserta didik termasuk
yang berkebutuhan khusus.
2.
Standar
Isi
Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?
Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan
pribadi peserta didik?
2.1 Apakah kurikulum sudah sesuai dan
relevan?
SMP AL FAT-HIYAH ada pada tingkat 3
Kelemahan
-Kekurangan
sumber pembelajaran dan media pembelajaran
-Karena
kekurangan jumlah rombel sekolah kami harus membagi 2 shift waktu belajar yaitu
pagi – siang
-
2.1 Rekomendasi
Peningkatan pembelajaran melalui media pendukung lain ( misalnya melalui
media televisi, radio, surat kabar dan Internet )
Perlunya penambahan ruang kelas untuk menjadikan sekolah kami menjadi 1
shift.
2.1 Apakah kurikulum sudah sesuai dan
relevan?
Kelebihan
Tenaga pendidik sudah mengikuti diklat dan pelatihan serta workshop tentang
implementasi KTSP dan kurikulum 2013
Melaksanakan PAIKEM
Pelatihan penyusunan RPP dan Silabus oleh Pengawas
2.2 Bagaimana sekolah menyediakan apa
yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
Kelemahan
Kekurangan fasilitas penunjang kegiatan ekstrakurikuler
lapangan kurang memadai karena sering berbenturan pemakaiannya dengan pihak
lain, tidak memiliki ruang serba guna, kekurangan pelatih untuk kegiatan ekskul
2.2 Rekomendasi
Memberikan fasilitas penunjang kegiatan ekstrakulikuler seperti matras dan
perlengkapan ekskul lain seperti ( seragam tari,marawis seragam
paskibra)alat-alat marawis, pramuka, taekwondo dll.
Adanya keleluasaan pemakaian lapangan olahraga saat jam pelajaran dan saat
kegiatan ekstrakurikuler
2.2 Bagaimana sekolah menyediakan apa yang
dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?
Kelebihan
Ekstra Kurikuler
*Kami menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler :
Taekwondo, Pramuka, Menari, Marawis, Paskibra
*Kami menyelenggarakan berdasarkan kebutuhan peserta didik ( Jenis kelamin, minat, bakat dan usia peserta didik )
*Kami mengorgansasikan kegiatan Ekstra Kurikuler ( program
perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tindak lanjut)
Kegiatan ekstrakulikuler yang di latih oleh pelatih yang
kompeten dibidangnya terdiri dari kalangan Sipil, TNI dan Polri
Bimbingan dan
Konseling
*Kami menyelenggarakan kegiatan BK
*Kami mengorganisasikan kegiatan BK (program/perencanaan,
catatan kegiatan, evaluasi, rencana tindak lanjut )
3. Standar
Proses
Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?
Apakah RPP direncanakan untuk mencapai
pembelajaran efektif?
Apakah sumber belajar untuk pembelajaran
dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?
Apakah pembelajaran menerapkan
prinsip-prinsip PAKEM/CTL?
Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta
didik?
Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan
mempertahankan etos pencapaian prestasi?
3.1 Apakah silabus sudah sesuai dan
relevan?
Kelemahan
Masih adanya peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal
( KKM) sehingga silabus belum maksimal digunakan
Target alokasi waktu yang kurang memadai membuat peserta didik tidak
maksimal pemahamannya.
3.1 Rekomendasi
Diadakannya bimbingan belajar bagi peserta didik yang belum mencapai
krteria ketuntasan minimal
3.1 Apakah silabus sudah sesuai dan
relevan?
Kelebihan
80 % Silabus sudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan
peserta didik sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah kami
selalu mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran
dan komponennya dalam penyusunan silabus
relevan dengan tingkat usia dan minat peserta didik sehingga menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif menarik
aktif menyenangkan.
3.2 Apakah RPP direncanakan untuk mencapai
pembelajaran efektif?
Kelemahan
Proses pembelajaran
tidak hanya mengacu pada RPP untuk memenuhi berbagai kebutuhan peserta didik
Alokasi waktu yang
kurang mencukupi dalam pencapaian target RPP
3.2 REKOMENDASI
Diberikannya pengayaan melalui sumber belajar lain
Penambahan waktu pertemuan antara guru dan siswa
3.2 Apakah RPP direncanakan untuk mencapai
pembelajaran efektif?
Kelebihan
Pendidik di sekolah kami menyusun program Semester dan Program Tahunan.
Pendidik
memiliki
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran.
RPP direview setiap tahun.
RPP memuat Identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator
Pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi
ajar, alokasi
waktu, Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran,
Penilaian hasil Belajar, dan sumber belajar.
3.3 Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan
digunakan secara tepat
Kelemahan
Kurangnya bahan penunjang pembelajaran
Kurangnya pemanfaatan tempat belajar dalam kegiatan pembelajaran
Kurangnya pemahaman siswa terhadap model pembelajaran
3.3 REKOMENDASI
Memberikan materi penunjang sebagai bahan ajar tambahan
Mengoptimalkan penggunaan tempat kegiatan pembelajaran
Seringnya menampilkan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan
3.3 Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan
digunakan secara tepat
Kelebihan
Guru SMP AL FAT-HIYAH memiliki kemampuan menggunakan media
pembelajaran
Tersedianya buku panduan serta sumber referensi
pembelajaran lain
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu memberikan kesempatan bagi
siswa untuk mengeksplorasi kemampuan peserta didik
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu menciptakan suasana belajar
yang berbeda baik di dalam maupun di luar ruangan
3.4 Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM /
CTL ?
Kelemahan
Peserta didik belum mampu bekerja secara mandiri dalam
menyelesaikan masalah
Peserta didik belum dapat menyalurkan ide dan pendapat
serta memberi kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan yang
baru
Tidak semua peserta didik dapat terlibat aktif dalam proses
pembelajaran
3.4 REKOMENDASI
Memberikan pelatihan kemandirian peserta didik dalam menyelesaikan tugas
Memberikan umpan terhadap peserta didik untuk mengeksplor kemampuan dan
keterampilannya
Menitikberatkan proses pembelajaran pada keaktifan peserta didik
3.4 Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM /
CTL ?
Kelebihan
Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang beragam
Peserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan
pendapat dan terlibat langsung dalam pembelajaran
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu mengelola kelas secara efektif
Guru SMP AL FAT-HIYAH mampu melaksanakan rencana
pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotifasi
untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi
3.5 Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?
Kelemahan
Tidak adanya pembedaan dalam pemberian tugas terhadap peserta didik
Tidak adanya guru pendamping bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus
Kurangnya peran orang tua dalam pencapaian target belajar
3.5 REKOMENDASI
Adanya perhatian lebih terhadap siswa yang berkebutuhan khusus
Diadakan / diberikan guru pendamping bagi anak yang berkebutuhan khusus
Adanya komunikasi yang baik antara guru dan wali murid
3.5 Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik?
Kelebihan
•Guru menghargai pendapat peserta didik
•Guru mengakomodasi semua kebutuhan peserta didik dalam hal
memahami pelajaran
•Guru memotifasi peserta didik untuk menggali potensi yang
dimiliki peserta didik
3.6 Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan
semangat berprestasi?
Kelemahan
Tidak semua peserta didik berperilaku baik dan mampu mencapai prestasi
belajar secara optimal
Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap motivasi yang diberikan guru
Kurangnya penerapan pendidikan inklusif terhadap peserta didik
3.6 REKOMENDASI
Meningkatkan kedisiplinan siswa agar tercapai prestasi belajar yang optimal
Adanya perhatian lebih untuk menunjang pemahaman peserta didik yang
berkebutuhan khusus
3.6 Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan
semangat berprestasi?
Kelebihan
SMP AL FAT-HIYAH memberikan motivasi yang tinggi agar
peserta didik mampu meningkatkan prestasi baik dalam bidang akademis maupun non
akademis
Adanya perlakuan yang sama terhadap semua peserta didik
Guru SMP AL FAT-HIYAH konsisten dalam memberikan apresiasi
terhadap siswa yang berprestasi
4. Standar
Penilaian Pendidikan
Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi
peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?
Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?
Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak
mereka?
4. 1 Sistem apakah yang sudah tersedia
untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik
maupun non akademik?
Kelemahan
Masih ada sebagian kecil siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal
karena memang berkebutuhan khusus
4.1 Rekomendasi
Perlunya pengadaan pembimbing bagi siswa yang berkebutuhan khusus
4. 1 Sistem apakah yang sudah tersedia
untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik
maupun non akademik?
Kelebihan
pendidik menerapkan berbagai metode
dan penilaian untuk memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik
(tes, observasi, penugasan, diskusi, kerja kelompok)
4. 2 Bagaimana penilaian berdampak pada
proses belajar?
Kelemahan
Adanya orang tua siswa yang masih cenderung untuk bersikap apatis atau
tidak peduli terhadap kemajuan anak di sekolah
Siswa masih ada yang belum termotivasi untuk meningkatkan minat belajar
4.2 Rekomendasi
Perlu adanya komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua
atau wali murid
Memberikan penyuluhan karakter building melalu lembaga tertentu
4. 2 Bagaimana penilaian berdampak pada
proses belajar?
Kelebihan
pendidik mereview tingkat kemajuan semua peserta didik pada
akhir setiap semester dan mempergunakan informasi untuk merencanakan program
pembelajaran berikutnya,
menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan menyusun/melaksanakan rencana
tindak lanjutnya, pendidik melaksanakan perbaikan dan pengayaan
terhadap peserta didik dan
melaporkan hasilnya kepada Orangtua peserta didik
pendidik secara rutin menyimpan catatan dan memastikan kemajuan peserta didik dalam
tingkat yang sesuai dengan cara mempergunakan penilaian untuk memberikan
masukan dalam perencanaan mereka,
pendidik melaporkan hasil penilaian yang disertai
komentar perbaikan kepada orang tua peserta didik
4. 3 Apakah orang tua peserta didik
terlibat dalam proses belajar anak mereka?
Kelemahan
Masih ada orang tua siswa yang apatis terhadap pendidikan
anaknya di sekolah
Masih ada orang tua siswa yang seolah-olah lepas tanggung
jawab terhadap pendidikan anaknya di rumah
Masih ada orang tua siswa yang tidak peduli terhadap hasil
pencapaian proses belajar mengajar
4.3 Rekomendasi
Melakukan pertemuan rutin antara pihak sekolah dengan orang tua siswa
menanamkan pemahaman ke Orang tua
siswa tentang pentingnya tanggung jawab untuk kemajuan prestasi siswa tersebut
4. 3 Apakah orang tua peserta didik
terlibat dalam proses belajar anak mereka?
Kelebihan
Sekolah melaporkan hasil penilaian mata
pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada
orangtua/wali peserta didik dalam buku laporan pendidikan (Raport)
Sekolah melaporkan
hasil bimbingan dan konseling terhadap orangtua peserta didik
5. Standar
Kompetensi Lulusan
Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan?
Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai
anggota masyarakat?
6. Standar
Pengelolaan
Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan
kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan
diketahui oleh semua pihak?
Apakah ada tujuan dan rencana untuk
perbaikan yang memadai?
Dampak rencana pengembangan sekolah
terhadap peningkatan hasil belajar
Bagaimanakah cara pengumpulan dan
penggunaan data yang handal dan valid?
Bagaimana cara mendukung dan memberikan
kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan?
Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil
bagian dalam kehidupan sekolah?
7. Standar
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi?
8. Standar
Pembiayaan
Bagaimana sekolah mengelola keuangan?
Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh
sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?
Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan
akses?
PENILAIAN
EDS
Evaluasi EDS didasarkan pada seperangkat
indikator pada setiap judul yang dikaitkan dengan standar nasional
Peringkat kinerja sekolah diberikan
berdasarkan skala nilai 1 sampai 4, sbb:
4 = Melampaui
SNP
3
= Memenuhi SNP
2
= Memenuhi SPM
1
= Belum Memenuhi SPM
Bukti Fisik dalam EDS
Siapa
yang Melaksanakan
EDS
Apa yang diperlukan dalam EDS
Manfaat EDS
Apa MSPD?
Monitoring yang dilaksanakan oleh
Pemerintah Daerah (terutama Dinas Pendidikan dan
Kantor Kementerian Agama) terhadap kinerja sekolah secara
menyeluruh dalam mencapai SPM dan SNP
dan hasilnya menjadi dasar perencanaan
dan tindakan selanjutnya dalam upaya penjaminan dan peningkatan mutu
pendidikan.
Apa Tujuan
MSPD
Agar instansi tingkat kab/kota
dapat memperoleh data secara menyeluruh tentang kinerja sekolah, kepala sekolah dan guru dalam pencapaian SPM dan SNP yang akan menjadi
dasar untuk perencanaan dan tindakan perbaikan kinerja selanjutnya secara umum.
Penggunaan
Hasil MSPD
1. Perencanaan
2. Pembiyaan serta alokasi
sumberdaya
dan dana
3. Pengembangan kebijakan
4. Pengembangan profesional
yang
berkelanjutan
5. Peningkatan sekolah
MSPD
Pengawas menyusun MSPD berdasarkan hasil EDS setiap
sekolah
Pengawas menyusun MSPD agregasi dari seluruh sekolah
yang dibina
Lokakarya menyusun agregasi MSPD dari seluruh laporan
agregasi pengawas (bahan perencanaan dinas kabupaten/kota)
Struktur EDS-MSPD
perbaikan kinerja selanjutnya secara umum.
Penggunaan
Hasil MSPD
1. Perencanaan
2. Pembiyaan serta alokasi
sumberdaya
dan dana
3. Pengembangan kebijakan
4. Pengembangan profesional
yang
berkelanjutan
5. Peningkatan sekolah
MSPD
Pengawas menyusun MSPD berdasarkan hasil EDS setiap
sekolah
Pengawas menyusun MSPD agregasi dari seluruh sekolah
yang dibina
Lokakarya menyusun agregasi MSPD dari seluruh laporan
agregasi pengawas (bahan perencanaan dinas kabupaten/kota)
Struktur EDS-MSPD
Comments
Post a Comment