FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku        : PRAKARYA
Kelas                    :  VII/SEMESTER I
Jenjang                : SMP
Topik                     : KERAJINAN
Kegiatan  Guru
Isi buku yang relevan dengan  kegiatan guru
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik

A.  Perencanaan Pembelajaran

Menentukan KI dan KD yang berkaitan
Isi buku guru sudah relevan dengan KI dan KD yang berkaitan



Ö
KD sudah ada kaitannya dengan KI pada buku tersebut
Dapat digunakan dalam proses KBM
Menentukan alokasi waktu
Isi buku guru sudah sesuai dgn alokasi waktu



Ö

Jika materi  dari asfek kerajinan tersebut dilaksanakan semua, maka perlu adanya penambahan alokasi waktu 3 JP/minggu
Dapat digunakan dalam proses KBM, namun perlu adanya revisi kembali
Merumuskan indikator
sudah merumuskan indikator seperti KI 1



Ö
Sudah terumuskan sesuai
Dapat digunakan dalam proses KBM
Merumuskan tujuan pembelajaran
Sudah merumuskan tujuan pembelajaran yang terletak pada informasi untuk guru




Ö
Sudah terumuskan sesuai
Dapat digunakan dalam proses KBM
Menentukan cakupan materi pembelajaran
Cakupan materi sudah sesuai dengan materi pembelajaran



Ö
Cakupan materi sesuai materi pembelajaran
Dapat digunakan dalam proses KBM
Menentukan pendekatan

Pendekatan yang digunakan sudah tercantum pada buku guru seperti mengamati, menalar, menanya, mengkomunikasikan.


Ö
Pendekatan yang digunakan sudah sesuai dengan materinya
Dapat digunakan dalam proses KBM
Menentukan model

Sudah menentukan model pembelajaran seperti Coorpertive learning



Ö
Sudah mengunakan model pembelajaran sesuai materinya
Dapat digunakan dalam proses KBM
Menentukan strategi

Sudah menentukan strategi pembelajaran


Ö
Sudah menggunakan strategi pembelajaran dengan baik
Dapat digunakan dalam proses KBM
Menentukan metode

Sudah menggunakan metode pembelajaran


Ö
Sudah menggunakan metode pembelajaran
Dapat digunakan dalam proses KBM
Menentukan media, sumber dan alat

Sudah menentukan media, sumber dan alat seperti gambar, buku, dan alat yang di gunakan.



Ö
Sudah ditentukan sesuai kebutuhan proses pembelajaran
Dapat digunakan dalam proses KBM
Mendeskripsikan langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model,  dan  metode

Sudah mendeskripsikan langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model,  dan  metode



Ö
Sudah sesuai dengan pembelajaran dengan pendekatan, model dan metode
Dapat digunakan dalam proses KBM

B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Menilai Pengetahuan
-          Contoh instrumen
-          Pembahasan

Sudah mencantumkan contoh instrument penilaian pengetahuan









Ö

Format instrument penilaian pengetahuan belum ada perlu dibuat contohnya untuk mempermudah acuan pembuatan format penilaian

Dapat digunakan dalam proses KBM, namun perlu adanya revisi kembali
Menilai Sikap
-          Contoh instrumen
-          Rubrik
Sudah mencantumkan contoh instrument penilaian sikap










Ö

Format instrument dan rubric penilaian sikap belum ada perlu dibuat contohnya untuk mempermudah acuan pembuatan format penilaian


Dapat digunakan dalam proses KBM, namun perlu adanya revisi kembali
Menilai Keterampilan
-          Contoh instrumen
-          Rubrik
Sudah mencantumkan contoh instrument penilaian keterampilan




Ö

Format instrument dan rubric penilaian Keterampilan belum ada perlu dibuat contohnya untuk mempermudah acuan pembuatan format penilaian

Dapat digunakan dalam proses KBM, namun perlu adanya revisi kembali
Portofolio

Sudah mencantumkan tugas portofolio


Ö
Sudah ada, tugas ini sebagai bukti penilian dengan pengumpulan data
Dapat digunakan dalam proses KBM
Penilaian Diri

Sudah mencantumkan penilaian diri
Ö


Perlu adanya contoh format penilaian diri
Dapat digunakan dalam proses KBM, namun perlu adanya revisi kembali
Penilaian Antar Teman
Sudah mencantumkan penilaian antar teman
Ö


Perlu adanya contoh format penilaian antar teman
Dapat digunakan dalam proses KBM, namun perlu adanya revisi kembali
Informasi Pengayaan Belajar

Sudah mencantumkan pengayaan pembelajaran


Ö
Sudah, mencantumkan pengayaan sesuai dengan materinya
Dapat digunakan dalam proses KBM
Informasikan hubungan guru dan Orang tua
Sudah mencantumkan informasi hubungan guru dan orang tua

Ö

Perlu adanya informasi hubungan guru dan orang tua agar pelaksanaan yang berkaitan dengan proses pembuatan atau pemodifikasian kerajinan

Dapat digunakan dalam proses KBM, namun perlu adanya revisi kembali

Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku guru
-     Perlu adanya penambahan jam pelajaran per minggu karena mengacu materi pada buku pegangan guru tersebut menurut pandangan kami kurang cukup mengingat materi yang praktek membutuhkan waktu yang cukup lama.
-    Perlu adanya penambahan contoh format Instrumen atau rubrik penilaian Sikap, keterampilan dan pengetahuan, serta format penilaian diri dan penilaian antar teman guna untuk keseragaman format penilaian.
-     Perlu adanya hubungan informasi antara guru dan orang tua terutama kaitannya dengan pendanaan kegiatan pembuatan kerajinan atau praktik.





KELOMPOK : I  (Kerajinan)
1.         Timbul Siregar (Ketua)
2.         Suripto
3.         Edi Prasetiyo
4.         Gunaning
5.         Hj. Neli Puspita Sari
6.         Rohanah
7.         Tarulih
8.         Sarah



Comments

Popular posts from this blog

Proposal Perkemahan Satu Hari Pramuka Siaga

SOAL UAS PLKJ KLS VIII

BERITA ACARA RAPAT KERJA