Muatan Kurikulum

A.    Muatan Kurikulum
      Muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dalam satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kopetensi dasar yang di kembangkan  berdasarkan standar kompetensi lulusan.
      Masing-masing kelompok mata pelajaran tersebut diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara menyeluruh. Dengan demikian cakupan dari masing-masing kelompok itu dapat diwujutkan melalui mata pelajaran yang releven. Cakupan setiap kelompok mata pelajaran adalah sebagai berikut:


TABEL. 2 CAKUPAN KELOMPOK MATA PELAJARAN

NO
Kelompok Mata Pelajaran
Cakupan
1
Agama dan Akhlak Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2
Kewarganegaraan dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kerpibadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibanya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kuialitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela Negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggungjawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi dan nepotisme.
3
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA/MA/SMALB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berfikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
4
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekpresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekpresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan  dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.



5
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan pada SMA/MA/SMALB/SMK/MAK dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yamng bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

*) Pembelajaran tidak dijadwalkan, dan pelaksanaannya dilakukan di luar jam pelajaran dalam bentuk UCUN ( Uji Coba Ujian Nasional )

Jumlah jam  45 JP x 3 kelas = 135 jam pelajaran (JP) dengan jumlah guru sebanyak 18 orang



  1. Mata Pelajaran
a.    Pendidikan Agama, meliputi :
1.    Al Qur’an Hadits
Tujuan :
·  Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap Al Qur’an dan Hadits
·  Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam Al Qur’an dan Hadits sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
·  Meningkatkan kekhusyuan peserta didik dalam beribadah terlebih shalat, dengan menerapkan bacaan tajwid serta isi kandungan ayat dalam surat-surat pendek yang dibaca.
2.         Aqidah Akhlak
Tujuan :
·      Menumbuh kembangkan aqidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengamalan peserta didik tentang aqidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
·      Mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai – nilai aqidah Islam.
3.         Fiqih
Tujuan :
·      Mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam dam mengatur ketentuan dan tata cara menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam fiqih ibadah dan hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam fiqih muamalah.
·      Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dalam melaksanakan ibadah kepada Allah dan ibadah sosial.
4.         Sejarah Kebudayaan Islam
Tujuan
·      Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
·      Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.
·      Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
·      Menumbuhkan apresuiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
·      Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil hikmah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), menel;adani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkanya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek, seni dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b.   Pendidikan Kewarganegaraan
Tujuan
·      Berfikir secara kritius, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
·      Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, serta anti-korupsi.
·      Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter peserta didik agar dapat hidup bersama dengan lingkungan dan masyarakat sekitar.
c.    Bahasa Indonesia
Tujuan
·      Berkomunikasi secara efektif dan efesien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
·      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara
·      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
·      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
·      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperl;uas budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
·      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
d.   Bahasa Inggris
Tujuan :
·      Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalm bentuk lisan dan tulis untuk mencapaiu tingkat literasi functional
·      Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
·      Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.

e.    Bahasa Arab
Tujuan :
·         Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis(kitabah).
·         Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagi salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar. Khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
·         Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawal;a budaya. Dengan demikian, peserta didik diharpkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
f.     Matematika
Tujuan :
·           Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antara konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efesien, dan tepat dalam pemecahan masalah.
·           Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasiu, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
·           Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami maslah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
·           Memiliki sikap menghargai keguanaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahun, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
g.    Ilmu Pengetahuan Alam
Meliputi : Fisika, Biologi, dan Kimia
Tujuan :
·           Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Allah SWT berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
·           Mengembangkan pemahaman tenatng berbagai macam gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
·           Melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bersikap, dan bertindak ilmiah serta berkomunikasi.
·           Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam.
·           Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Allah SWT.
·           Meningkatkan pengetahuan, konsep, dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.
h.   Ilmu Pengetahun Sosial
Meliputi : Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi
Tujuan :
·           Menegnal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
·           Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logius dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
·           Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
·           Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, naisonal, dan global.
i.      Seni Budaya
Meliputi : Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari dan Seni Kaligrafi
Tujuan :
·           Memami konsep dan pentingnya seni budaya
·           Menampilkan sikap paresiasi terhadap seni budaya
·           Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
·           Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun global
j.     Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tujuan :
·           Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
·           Meningkatkan pengembangan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik
·           Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
·           Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
·           Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerja sama, percaya diri dan demokratis
·           Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
·           Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif
k.   Teknologi Informasi dan Komunikasi/Keterampilan
Tujuan :
·      Memahami teknologi informasi dan komunikasi
·      Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologiu informasi dan komunikasi
·      Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
·      Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi

C. Program Muatan Lokal
Tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam muatan lokal, sebagai berikut ;
    1. Pembacaan Kitab Kuning
·      Pembacaan Kitab Kuning Agar peserta didik mengetahui tentang pentingnya dan kemuliaan ilmu, pentingnya doa dan niat saat belajar dan larangan-larangan serta pantangan saat menuntut ilmu.
·      Memahami dan melaksanakan bagaimana cara menghormati guru, teman dan menghargai ilmu.
·      Mengetahui dan mengimplementasikan tata tertib serta etika saat belajar/menuntut ilmu.
·      Megetahui cara menguatkan hafalan/mengingat pelajaran yang sudah diajarkan dan cara menghindari lupa.

STANDAR ISI MULOK  KAJIAN KITAB KUNING TA’LIM MUTA’LIM
LATAR  BELAKANG
Dalam masalah etika dan moral, hasil survei mengatakan bahwa saat ini Indonesia menempati posisi yang sangat memrihatinkan. Di dunia ini, tidak ada satu negara pun yang mengumbar dan mempertontonkan pornografi dan pornoaksi secara terang-terangan baik di media cetak maupun elektronik. Di Indonesia, majalah porno, gambar-gambar erotis serta VCD porno dapat diperoleh dengan mudah oleh anak-anak dibawah usia yang dijajakan disembarang tempat (kaki lima, lampu merah). Padahal di negara yang paling liberal sekalipun (USA, Inggris, Jerman dan Australia) mensyaratkan usia minimal 18/21 tahun untuk bisa memiliki barang haram tersebut dengan menunjukkan KTP atau SIM yang sah, jika tidak (dilanggar) maka pembeli maupun penjual akan dikenakan sanksi yang cukup berat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang begitu cepat tidak hanya berdampak positif tetapi juga berdampak negatif terhadap perkembangan moral bangsa. Mudahnya mengakses internet untuk membuka situs-situs terlarang, pesatnya perkembangan alat komunikasi (HP) dilengkapi dengan fasilitas untuk memenuhi keperluan seseorang ternyata telah membuka peluang baru bagi orang lain untuk melakukan pelanggaran norma dan moral. Bahkan dapat menjadi ide dan rencana bagi yang melihatnya untuk meniru dan melakukan hal yang sama. Hal ini terbukti darhasil survey yang mengejutkan bahwa 62,7% peserta didik SMP di Indonesia sudah tidak  perawan lagi. Begitu juga dalam masalah rokok dan zat-zat adiktif lainya dengan mudah didapatkan oleh anak usia dini.
Dalam masalah narkoba, Indonesia kini bukan lagi menjadi negara pemakai (konsumen), tetapi sudah menjadi jaringan pendistribusian internasional. Tidak sedikit artis, konglomerat bahkan pejabat yang terlibat dalam penggunaan barang haram tersebut.
Selain itu, akhir-akhir ini tawuran dan perkelahian tidak hanya terjadi dikalangan peserta didik SMP dan SMA tetapi sudah merambah ke dunia kampus (mahasiswa antar fakultas dan universitas) yang mengaku golongan intelektual muda. Karena hal sepele mereka saling pukul dan serang bahkan melempari gedung. Disatu sisi tidak sedikit peserta didik yang memiliki prestasi belajar dan kamampuan IQ nya cukup bagus tetapi gagal dalam ujian akhir/tidak lulus sekolah sementara di sisi lain banyak peserta didik yang prestasi belajarnya pas-pasan tetapi berhasil lulus ujian akhir bahkan dengan nilai yang cukup memuaskan. Bahkan banyak phenomena dimana tidak sedikit orang pintar dimasa belajarnya tapi gagal dalam kehidupannya (ekonomi, karir dan ketokohan di masyarakat). Sebaliknya anak yang biasa-biasa saja saat berada di bangku sekolah tapi dikemudian hari dia bisa menjadi orang sukses, terkenal dan terpandang Semua permasalahan diatas (krisis keteladanan, berbagai macam dekadensi/kemerosotan moral serta kegagalan orang-orang yang memiliki kemampuan berfikir/IQ cukup bagus) disebabkan oleh minimnya pengetahuan agama yang mengakibatkan hilangnya rasa kasih sayang sesama manusia, punahnya rasa malu dan berfikir singkat/instan dalam melakukan tindakan. Kesalahan metode dalam mendapatkan ilmu kekeliruan niat dalam mencari ilmu dan minimya belajar ilmu ahlak adalah beberapa faktor penyebab kemerosotan moral abad ini.
Berdasarkan hal tersebut diatas, maka MA. AL FATHIYAH Jakarta memandang perlu untuk menanamkan pengetahuan sedini mungkin terhadap anak didiknya tentang pentingnya meluruskan niat dalam belajar, menghargai dan menghormati guru serta teman, pentingnya belajar ilmu ahlak serta selalu berfikir positif .Melalui kombinasi metode tradisional ala pesantren (ngaji bandungan, mengharokati, menterjemahkan dan gentian membaca) dengan metode modern (bedah referensi, diskusi ilmiah dan debat terbuka) dengan menggunakan referensi kajian kitab kuning (Ta’lim Muta’allim) diharapkan peserta didik MA. AL FATHIYAH Jakarta memiliki pengetahuan dasar tentang pentingnya niat dalam belajar, pentingnya ilmu pengetahuan, tata cara memberlakukan guru, teman dan kitab/buku, sehingga watak perilaku dan karakter positif  mereka sudah mulai terbentuk agar dikemudian kelak mereka bisa menjadi manusia yang beriman, berilmu, dan bermanfaat bagi bangsa dan agamanaya sebagai cita-cita luhur dari lembaga pendidikan.

TUJUAN
Tujuan diadakanya kajian kitab Ta’lim Muta’allim ini sebagai muatan lokal (Mulok) di MA. AL FATHIYAH Jakarta lain adalah:
1.        Agar peserta didik mengetahui tentang pentingnya dan kemuliaan ilmu, pentingnya doa dan niat saat belajar dan larangan-larangan serta pantangan saat menuntut ilmu.
2.        Memahami dan melaksanakan bagaimana cara menghormati guru, teman dan menghargai ilmu.
3.        Mengetahui dan mengimplementasikan tata tertib serta etika saat belajar/menuntut ilmu.
4.        Megetahui cara menguatkan hafalan/mengingat pelajaran yang sudah diajarkan dan cara menghindari lupa.

RUANG LINGKUP
Dalam mengkaji kitab Ta’lim Muta’allim ini tidak semua materi akan dibahas karena keterbatasan waktu, tapi hanya akan mengulas dan membahas bagian-bagian terpenting yang dianggap sangat perlu untuk difahami, dimengerti oleh peserta didik dalam proses belajar dan menuntut ilmu. Adapun ruang lingkup pembahasannya antara lain adalah :
1.        Definisi tentang ilmu, kemuliaan ilmu, pantangan bagi orang yang berilmu dan pentingnya niat saat belajar
2.        Tata cara menghargai dan menghormati ilmu, guru dan teman
3.        Etika saat belajar
4.        Hal-hal yang bisa menguatkan hafalan dan penyebab lupa terhadap pelajaran

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.    Memahami tentang pengertian ilmu, kemuliaan ilmu, pantangan orang berilmu dan pentingnya niat dalam mencari ilmu
1.1     Menjelaskan pengertian/definisi tentang ilmu
1.2     Menunjukkan bukti dan contoh kemuliaan ilmu
1.3     Menjelaskan pantangan-pantangan bagi orang yang berilmu
1.4     Menerapkan niat yang benar dalam mencari ilmu

2.    Memahami bagaimana cara menghargai ilmu, menghormati guru, menghormati teman, memuliakan kitab dan sikap khidmat
2.1     Menerapkan perilaku tentang bagaimana cara menghargai ilmu
2.2     Menunjukan perilaku bagaimana cara menghormati guru
2.3     Menerapkan perilaku bagaimana cara menghormati teman
2.4     Menidentifikasi car-cara memuliakan kitab
2.5     Menunjukkan sifat sabar dan tabah dalam proses belajar

3.    Memahami peraturan dan tata tertib serta etika saat belajar





3.1     Menunjukan do’a ketika menuntut ilmu/belajar
3.2     Menerapkan sikap positip ketika sedang belajar
3.3     Menunjukkan sikap positip ketika melakukan diskusi ilmiah
3.4     Menunjukkan cara bersyukur dalam belajar
3.5     Menerapkan pengorbanan demi mendapatkan ilmu
3.6     Mengidentifikasi method yang tepat dalam menghafal

4.    Mengidentifikasi penyebab hafal dan lupa dalam belajar
4.1     Mengidentiifikasi factor-faktor penguat dalam hafalan
4.2     Mengidentifikasi factor-faktor penyebab lupa dalam hafalan




Comments

Popular posts from this blog

Proposal Perkemahan Satu Hari Pramuka Siaga

SOAL UAS PLKJ KLS VIII

BERITA ACARA RAPAT KERJA