Sruktur Kurikulum

A.    Sruktur Kurikulum
                 Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Struktur kurikulum terdiri atas tiga komponen, yakni komponen mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Komponen mata pelajaran dikelompokkan sebagai berikut ;
1.      Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia :
a.       Akidah-Akhlak
b.      Al-quran Hadis
c.       Fikih
d.      Sejarah Kebudayaan Islam
2.      Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3.      Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan tekhnologi :
a.       Matematika
b.      Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika, Biologi, Kimia)
c.       Ilmu Pengetahuan Sosial (Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi)
d.      Bahasa Indonesia
e.       Bahasa Inggris
f.       Bahasa Arab
g.      Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) / Keterampilan
4.      Kelompok mata pelajaran estetika ; seni dan budaya
5.      Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan; Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes).
                  Komponen muatan lokal, pengembagan diri, pendidikan kecakapan hidup dan pengembangan madrasah (pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global) merupakan bagian integral dari struktur kurikulum dan dikembangkan sendiri oleh madrasah.
                        Struktur kurikulum ini meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidkan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai dengan Kelas XII. Struktur kurikulum disusn berdasarkan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
1.      Kurikulum ini memuat 4 mata pelajaran agama dan bahasa arab,  8 mata pelajaran umum, 2 muatan lokal, pengembangan diri, dan pendidikan kecakapan hidup.
a.         Muatan lokal merukan kegiatan intrakulikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan keadaan perekonomian Indonesia umumnya serta madrasah Aliyah khususnya yang bercirikan khas masyarakat islami yang materinya tidak dapat dikelompokan kedalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan,
b.       Pengembangan diri merupakan mata pelajaran yang difasilitasi atau dibimbing oleh guru-guru bidang studi agama untuk matrikulasi agama kelas X, guru BP/BK (konselo) dan guru Pembina atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakulikuler. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih memperdalam ilmu keagamaan. Pengembangan diri lainnya adalah BP/BK dan ekstrakulikuler yang bertujuan mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
c.         Pengembangan Struktur Kurikulum Madrasah terdiri atas baca Al Quran dan pelaksanaan ibadah fiqih lainnya Muhadatsah, Tahfidz/Tarjamah dan dibimbing oleh guru khusus yang jam belajarnya masuk ke dalam jam regular tetapi pelaksanaanya di hari sabtu.
d.        Pendidikan kecakapan hidup yang diterapkan adalah Budaya Menabung.
e.         Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dalam bentuk bahasa arab.
2.      Substansi mata pelajaran Keterampilan Tata Boga dilaksanakan hari sabtu dengan menggabungkan semua kelas, sedangkan untuk bahasa asing dilaksanakan ke dalam jam regular.
3.      Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagai mana tertera dalam struktur kurikulum.
4.      Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.
5.      Minggu efektif dalam satu jam pelajaran (dua semester)  adalah  34 minggu.










TABEL. 1 STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH ALIYAH


Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu

X
XI
XII
IPS
IPS
A. Mata Pelajaran
I
II
I
II
I
II
1.   Pendidikan Agama Islam






 a. Al Quran Hadits
2
2
2
2
2
2
 b. Akidah Akhlaq
2
2
2
2
2
2
 c. Fikih
2
2
2
2
2
2
 d. Sejarah Kebudayaan Islam
2
2
2
2
2
2
2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3.   Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4
4
4.   Bahasa Arab
2
2
2
2
2
2
5.   Bahasa Inggris
4
4
4
4
4
4
6.   Matematika
4
4
4
4
4
4
7.   Fisika
2
2
-
-
-
-
8.   Kimia
2
2
-
-
-
-
9.   Biologi
2
2
-
-
-
-
10. Geografi
2
2
4
4
4
4
11. Sosiologi
2
2
4
4
4
4
12. Ekonomi/Akuntansi
2
2
4
4
4
4
13. Sejarah
2
2
2
2
2
2
14. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
2
2
15. Keterampilan/TIK
2
2
2
2
2
2
16. Pendidikan Seni Budaya
2
2
2
2
2
2
17. BK/BP
1
1
1
1
1
1
B. Muatan Lokal *) ta’limul muta’alim
2
2
2
2
2
2







Jumlah
47
47
47
47
47
47


Comments

Popular posts from this blog

Proposal Perkemahan Satu Hari Pramuka Siaga

SOAL UAS PLKJ KLS VIII

BERITA ACARA RAPAT KERJA