Sruktur Kurikulum
A. Sruktur Kurikulum
Struktur
kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Struktur kurikulum terdiri atas tiga
komponen, yakni komponen mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.
Komponen mata pelajaran dikelompokkan sebagai berikut ;
1.
Kelompok mata pelajaran agama dan
akhlak mulia :
a.
Akidah-Akhlak
b.
Al-quran Hadis
c.
Fikih
d.
Sejarah Kebudayaan Islam
2.
Kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan kepribadian
3.
Kelompok mata pelajaran ilmu
pengetahuan dan tekhnologi :
a.
Matematika
b.
Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika,
Biologi, Kimia)
c.
Ilmu Pengetahuan Sosial (Sejarah,
Geografi, Ekonomi, Sosiologi)
d.
Bahasa Indonesia
e.
Bahasa Inggris
f.
Bahasa Arab
g.
Tekhnologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) / Keterampilan
4.
Kelompok mata pelajaran estetika ;
seni dan budaya
5.
Kelompok mata pelajaran jasmani,
olahraga, dan kesehatan; Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
(Penjasorkes).
Komponen
muatan lokal, pengembagan diri, pendidikan kecakapan hidup dan pengembangan
madrasah (pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global) merupakan bagian
integral dari struktur kurikulum dan dikembangkan sendiri oleh madrasah.
Struktur
kurikulum ini meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang
pendidkan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai dengan Kelas XII. Struktur
kurikulum disusn berdasarkan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan
sebagai berikut :
1.
Kurikulum ini memuat 4 mata
pelajaran agama dan bahasa arab, 8 mata
pelajaran umum, 2 muatan lokal, pengembangan diri, dan pendidikan kecakapan
hidup.
a.
Muatan lokal merukan kegiatan
intrakulikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan keadaan
perekonomian Indonesia umumnya serta
madrasah Aliyah khususnya yang bercirikan khas masyarakat islami yang materinya tidak
dapat dikelompokan kedalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal
ditentukan oleh satuan pendidikan,
b.
Pengembangan diri merupakan mata
pelajaran yang difasilitasi atau dibimbing oleh guru-guru bidang studi agama
untuk matrikulasi agama kelas X, guru BP/BK (konselo) dan guru Pembina atau
tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakulikuler.
Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
lebih memperdalam ilmu keagamaan. Pengembangan diri lainnya adalah BP/BK dan
ekstrakulikuler yang bertujuan mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai
dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi
madrasah. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan
konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial,
belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
c.
Pengembangan Struktur Kurikulum
Madrasah terdiri atas baca Al Quran dan pelaksanaan ibadah fiqih lainnya
Muhadatsah, Tahfidz/Tarjamah dan dibimbing oleh guru khusus yang jam belajarnya
masuk ke dalam jam regular tetapi pelaksanaanya di hari sabtu.
d.
Pendidikan kecakapan hidup yang
diterapkan adalah Budaya Menabung.
e.
Pendidikan berbasis keunggulan lokal
dan global dalam bentuk bahasa arab.
2.
Substansi mata pelajaran
Keterampilan Tata Boga dilaksanakan hari sabtu dengan menggabungkan semua
kelas, sedangkan untuk bahasa asing dilaksanakan ke dalam jam regular.
3.
Jam pembelajaran untuk setiap mata
pelajaran dialokasikan sebagai mana tertera dalam struktur kurikulum.
4.
Alokasi waktu satu jam pembelajaran
adalah 45 menit.
5.
Minggu efektif dalam satu jam
pelajaran (dua semester) adalah 34 minggu.
TABEL. 1 STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH ALIYAH
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
|||||
X
|
XI
|
XII
|
||||
IPS
|
IPS
|
|||||
A. Mata Pelajaran
|
I
|
II
|
I
|
II
|
I
|
II
|
1.
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
|
|
|
|
a. Al Quran
Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
b. Akidah
Akhlaq
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
d. Sejarah
Kebudayaan Islam
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4. Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6. Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7. Fisika
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
8. Kimia
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
9. Biologi
|
2
|
2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
10.
Geografi
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
11.
Sosiologi
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
12.
Ekonomi/Akuntansi
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
13.
Sejarah
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
14.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
15.
Keterampilan/TIK
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
16.
Pendidikan Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
17. BK/BP
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
B. Muatan Lokal *) ta’limul muta’alim
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
47
|
47
|
47
|
47
|
47
|
47
|
Comments
Post a Comment