FORMAT ANALISIS BUKU SISWA
Judul Buku          : BUKU SISWA PRAKARYA
Kelas                     : VII (TUJUH)/ SEMESTER I
Jenjang                 : SMP
                 Topik                     : Kerajinan

Komponen Buku
Deskripsi pada buku
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik
A.   Sistematika
Kerajinan dari bahan alam
Tanah liat





ü  
Sudah memenuhi cakupan KD
Dapat digunakan sebagai bahan ajar akan tetapi perlu adanya perbaikan – perbaikan sehingga memiliki nilai seni yang lebih tinggi

Membuat keramik dari bahan tanah liat
A.   Mengenal Jenis-jenis tanah liat
B.   Mengenal bahan dan alat untuk membuat keramik
C.   Teknik – teknik pembuatan keramik
D.   Praktik membuat keramik


ü  
-           
ü  


Bahan mudah didapat
Bahan lunak sehingga nudah dibentuk
Dan dapat dimanfaatkan sebagai hiasan

Dapat digunakan sebagai bahan ajar
Sebaiknya sekolah menyiapkan alat – alat pembuatan kerajinan
Memilki nilai karya seni  yang tinggi
Hasil karya siswa memilki nilai jual

Komponen penilaian  sesuai tuntutan penilaian autentik


-       LK-1
-       LK-2
-       LK-3
-       LK-4
-       LK-5



ü
ü
ü
ü
ü
Sesuai dengan materi pelajaran
Dapat digunakan sebagai penilaian Autentik
ü B. Uraian Materi       
Pendahuluan
Demonstrasi



ü

Dapat digunakan untuk memotivasi siswa
Cakupan materi setiap sub topik/sub bab  memenuhi kebutuhan pencapaian KD
Setiap sub topik/sub bab yang telah dijabarkan dalam buku siswa sudah memenuhi kebutuhan pencapaian KD


ü

Dapat digunakan sebagai bahan ajar
Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik


Buku siswa sudah memfasilitasi pembelajaran dengan pendekatan saintifik.
-     Pengamatan: mengamati gambar
-     Menanya
-     Mencoba: membuat keramik dari bahan alam tanah liat Menalar :
Mengidentifikasi alat dan bahan untuk  membuat keramik Menyajikan:
Mempresentasikan hasil karya seni kerajinan tangan


ü

Dapat digunakan sebagai bahan ajar
ü C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Penilaian  Pengetahuan

LK-1, LK-4


ü

Dapat digunakan sebagai penilaian autentik
Penilaian Sikap
LK-2



ü

Dapat digunakan sebagai penilaian autentik
Penilaian Keterampilan

LK-5



ü

Dapat digunakan sebagai penilaian autentik
Tugas

LK-3


ü

Dapat digunakan sebagai penilaian autentik
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
Secara keseluruhan buku siswa kelas VII pada materi kerajinan membuat keramik dapat digunakan, Namun ada yang perlu ditambahkan yaitu materi pembuatan keramik / langkah – langkah membuat keramik sehingga memudahkan siswa untuk mempraktikannya, dan memiliki nilai seni yang tinggi




Kelompok :  I. Kerajinan
Ketua            :         Timbul Siregar
Anggota       :  -      Suripto
-          Edi Prasetyo
-          Gunaning
-          Hj. Neli
-          Rohanah
-          Tarulih

-          Sarah Kuswara

Comments

Popular posts from this blog

Proposal Perkemahan Satu Hari Pramuka Siaga

SOAL UAS PLKJ KLS VIII

BERITA ACARA RAPAT KERJA