FORMAT ANALISIS BUKU SISWA
Judul Buku : BUKU SISWA PRAKARYA
Kelas : VII (TUJUH)/ SEMESTER I
Jenjang : SMP
Topik : Kerajinan
Komponen Buku
|
Deskripsi pada buku
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||||
A. Sistematika
|
||||||
Kerajinan dari bahan alam
|
Tanah liat
|
|
|
ü
|
Sudah memenuhi cakupan KD
|
Dapat digunakan sebagai bahan ajar akan tetapi perlu adanya perbaikan – perbaikan sehingga memiliki nilai
seni yang lebih tinggi
|
Membuat keramik dari bahan tanah
liat
|
A. Mengenal Jenis-jenis tanah liat
B. Mengenal bahan dan alat untuk membuat keramik
C. Teknik – teknik pembuatan keramik
D. Praktik membuat keramik
|
|
|
ü
-
ü
|
Bahan mudah didapat
Bahan lunak sehingga nudah dibentuk
Dan dapat dimanfaatkan sebagai
hiasan
|
Dapat digunakan sebagai bahan ajar
Sebaiknya sekolah menyiapkan alat –
alat pembuatan kerajinan
Memilki nilai karya seni yang tinggi
Hasil karya siswa memilki nilai
jual
|
Komponen penilaian sesuai
tuntutan penilaian autentik
|
- LK-1
- LK-2
- LK-3
- LK-4
- LK-5
|
|
|
ü
√
ü
√
ü
√
ü
√
ü
√
|
Sesuai dengan materi pelajaran
|
Dapat digunakan sebagai penilaian
Autentik
|
ü B. Uraian Materi
|
||||||
Pendahuluan
|
Demonstrasi
|
|
|
ü
√
|
|
Dapat digunakan untuk memotivasi
siswa
|
Cakupan materi setiap sub topik/sub bab
memenuhi kebutuhan pencapaian KD
|
Setiap sub topik/sub bab yang telah
dijabarkan dalam buku siswa sudah memenuhi kebutuhan pencapaian KD
|
|
|
ü √
|
|
Dapat digunakan sebagai bahan ajar
|
Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan
Saintifik
|
Buku siswa sudah memfasilitasi
pembelajaran dengan pendekatan saintifik.
- Pengamatan: mengamati gambar
- Menanya
- Mencoba: membuat keramik dari bahan alam tanah liat
Menalar :
Mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat keramik Menyajikan:
Mempresentasikan hasil karya seni kerajinan tangan
|
|
|
ü √
|
|
Dapat digunakan sebagai bahan ajar
|
ü C. Penilaian Proses dan Hasil
Belajar
|
||||||
Penilaian Pengetahuan
|
LK-1, LK-4
|
|
|
ü √
|
|
Dapat digunakan sebagai penilaian
autentik
|
Penilaian Sikap
|
LK-2
|
|
|
ü √
|
|
Dapat digunakan sebagai penilaian
autentik
|
Penilaian Keterampilan
|
LK-5
|
|
|
ü √
|
|
Dapat digunakan sebagai penilaian
autentik
|
Tugas
|
LK-3
|
|
|
ü √
|
|
Dapat digunakan sebagai penilaian
autentik
|
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
Secara keseluruhan buku siswa kelas VII pada materi kerajinan
membuat keramik dapat digunakan, Namun ada yang perlu ditambahkan yaitu materi
pembuatan keramik / langkah – langkah membuat keramik sehingga memudahkan
siswa untuk mempraktikannya, dan memiliki nilai seni yang tinggi
|
Kelompok : I. Kerajinan
Ketua : Timbul Siregar
Anggota : -
Suripto
-
Edi Prasetyo
-
Gunaning
-
Hj. Neli
-
Rohanah
-
Tarulih
-
Sarah Kuswara
Comments
Post a Comment