ANALISIS KURIKULUM 2013

Tujuan:  Mendiskusikan rasional dan elemen perubahan kurikulum, SKL, KI dan KD, strategi implementasi Kurikulum 2013 serta pendekatan, model pembelajaran dan penilaian pada Kurikulum 2013
Langkah Kerja: 
1.        Cermati hand-out  konsep Kurikulum 2013  serta Permendikbud tahun 2013 yang terkait dengan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian 
2.        Diskusikan dalam kelompok dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, tuliskan jawaban hasil diskusi pada kolom yang tersedia
3.        Presentasikan hasil diskusi, setiap kelompok menyajikan salah satu  jawaban pertanyaan  hasil diskusi 
4.        Berikan komentar terhadap hasil presentasi kelompok lain
No
Pertanyaan
Jawaban
1
Mengapa perlu adanya pengembangan Kurikulum?
Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.

2
Apa saja elemen  perubahan dalam Kurikulum 2013
4 (empat) elemen perubahan dalam kurikulum 2013 yaitu :
1. Standar Komptensi Lulusan,
2. Standar Proses,
3. Standar Isi dan
4. Standar Penilaian

3
Bagaimana strategi implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran ?
Strategi Implementasi Kurikulum 2013 yaitu :
  • Pelaksanaan kurikulum di seluruh sekolah dan jenjang pendidikan yaitu:
       Juli 2013 : Kelas I, IV, VII, dan X
       Juli 2014 : Kelas I, II, IV, V, VII, VIII, X, dan XI
       Juli 2015 : kelas I, II, III, IV, V, VI, VII, VIII, IX, X, XI, dan XII
  • Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dari tahun 2013 - 2015
  • Pengembangan buku siswa dan buku pegangan guru dari tahun 2012 – 2014
  • Pengembangan manajemen, kepemimpinan, sistem administrasi, dan pengembangan budaya sekolah (budaya kerja guru) terutama untuk SMA dan SMK, dimulai dari bulan Januari – Desember 2013
  • Pendampingan dalam bentuk Monitoring dan Evaluasi untuk menemukan kesulitan dan masalah implementasi dan upaya penanggulangan: Juli 2013 – 2016

3
Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada Kurkulum 2006 dan Kurikulum 2013
No
Implementasi Kurikulum 2006
Kurikulum 2013
1
Materi disusun untuk memberikan pengetahuan kepada siswa
Materi disusun seimbang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan
2
Pendekatan pembelajaran adalah siswa diberitahu tentang materi yang harus dihafal [siswa diberi tahu].
Pendekatan pembelajaran berdasarkan pengamatan, pertanyaan, pengumpulan data, penalaran, dan penyajian hasilnya melalui pemanfaatan berbagai sumber-sumber belajar [siswa mencari tahu]
3
Penilaian pada pengetahuan melalui ulangan dan ujian
Penilaian otentik pada aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan portofolio.
Perbendaan kompetensi peserta didik pada kurikulum 2006 dengan kurikulum 2013 yaitu :


4

Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajaran  dalam  Kurikulum 2013
Model pembelajaran dalam kurikulum 2013 antara lain :
- Project Base Learning
- Problem Base Learning
- Discovery Learning

5
Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013 ?
Penilaian pembelajaran dalam kurikulum 2013 yaitu :
- Penilaian Sikap/Afektif
- Penilaian Pengetahuan/Kognitif
- Penilaian Ketrampilan/Phisikomotorik

KELOMPOK : 1 (satu) Kerajinan
1.         Timbul Siregar (Ketua)
2.         Suripto
3.         Edi Prasetiyo
4.         Hj. Neli
5.         Gunaning
6.         Rohanah

7.         Tarulih

Comments

Popular posts from this blog

Proposal Perkemahan Satu Hari Pramuka Siaga

SOAL UAS PLKJ KLS VIII

BERITA ACARA RAPAT KERJA