RUMUSAN VISI, MISI
DAN TUJUAN
MADRASAH ALIYAH AL
FAT-HIYAH
TAHUN PELAJARAN
A.
Visi
Visi adalah wawasan yang menjadi sumber arahan bagi madrasah dan digunakan untuk memandu perumusan misi madrasah. Dengan kata
lain, visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana madrasah akan dibawa. Visi Madrasah
Aliyah Al fat-hiyah adalah gambaran masa depan yang diinginkan oleh Madrsah Aliyah Al fat-hiyah untuk dapat menjamin kelangsungan hidup dan
perkembangannya.
Gambaran
masa depan (visi) MA Al fat-hiyah tentunya harus didasarkan pada landasan yuridis, yaitu undang-undang pendidikan dan sejumlah
peraturan pemerintah, khususnya tujuan pendidikan nasional .
Dengan kata lain, visi MA Al fat-hiyah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan
nasional, tetapi sesuai dengan kebutuhan anak dan masyarakat yang dilayani.
Tujuan pendidikan nasional sama, tetapi profil MA Al fat-hiyah khususnya potensi dan kebutuhan masyarakat yang dilayani MA Al fat-hiyah tidak selalu sama. Oleh karena itu, dimungkinkan MA Al fat-hiyah memiliki visi sendiri, asalkan tidak keluar dari koridor nasional, yaitu
tujuan pendidikan nasional.
Maka di tampilkan dalam
rumusan visi ini, beberapa rumusan visi MA Al Fat-hiyah sebagai bahan
pertimbangan para peserta Rapat Penyusunan Kurikulum MA Al Fat-hiyah tahun
2013-2014.
a) Terwujudnya
Individu yang Unggul, Berprestasi, berinovasi dan ber akhlakul karimah
.
Indikator Visi
Visi
|
Indikator
|
Unggul
|
Ø Unggul
dalam Nilai akademik
Ø Unggul
dalam persaiangan ke PTN
Ø Unggul
dalam karya ilmiah remaja
Ø Unggul
dalam lomba kreativitas
Ø Unggul
dalam lomba kesenian
Ø Unggul
dalam lomba olahraga
|
Berprestasi
|
v
Berprestasi dalam akademik dan
non akademik
v
Berprestasai dalam setiap
Kompetisi
|
Berinovasi
|
o
Berinovasi dalam metode pembelajaran
o
Berinovasi dalam setiap kegiatan
o
Memunculkan ide ide yang cemerlang
|
Berakhlakul karimah
|
v
Jujur
v
Berdisiplin
v
Bertanggung jawab
v
Amanah
v
Sidiq
v
Kepercayaan diri Tinggi
|
Indikator Visi :
1. Terwujudnya lulusan yang cerdas, mandiri dan berakhlak
mulia;
2. Terwujudnya proses pembelajaran aktif, kreatif,inovatif
dan menyenangkan;
3. Terwujudnya
prestasi peserta didik, baik akademis maupun non akademis
4. Terciptanya lingkungan madrasah yang Islami,
sehat dan kondusif umtuk proses
pembelajaran;
. Misi
Misi
adalah tindakan untuk mewujudkan/merealisasikan visi. Karena visi harus
mengakomodasi semua kelompok kepentingan di Sekolah, misi dapat juga diartikan sebagai tindakan untuk
memenuhi kepentingan tiap-tiap kelompok yang terkait dengan Sekolah.
Dalam merumuskan misi harus
memepertimbangkan tugas pokok Sekolah dan
kelompok-kelompok kepentingan yang terkait dengan Sekolah. Dengan kata lain, misi
adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan
berbagai indikatornya.
A.
Misi
1. Terwujudnya lulusan yang cerdas,
kompetitif, Kreatif dan berakhlakul karimah
2. Terwujudnya sumber Daya Manusia ( SDM
) yang berprestasi
3. Terwuwujudnya proses pembelajaran
yang aktif, kreatif, Inovatif, dan menyenangkan
4. Terwujudnya sumber Daya Manusia (
SDM ) yang profesional
5. Mengoptimalkan seluruh potensi SDM
dan sarana prasarana yang ada di madrasah dan mensinergikan seluruh potensi yang
ada guna mewujudkan visi madrasah.
6. Terwujudnya sarana prasarana yang
relevan dan mengikuti perkembangan IPTEK
7. Terciptanya lingkungan madrasah yang
islami dan kondusif untuk proses pembelajaran
Tujuan
A.
Tujuan
Madrasah
1. Tujuan Umum
Membekali
siswa dalam menemukan konsep diri sebagai individu yang unggul dan berakhlakul karimah, sekaligus
membekali siswa dalam upaya memberdayakan potensi yang dimiliki dalam
peranannya sebagai pemimpin ,
agar siswa siap secara mental dan spiritual dalam menyikapi setiap perubahan
dan perkembangan zaman.
2. Tujuan Khusus
2.1.
Akademik :
1. Perolehan
nilai Murni
UK, UTS, Praktek, UAS,UAMBN
dan UN siswa tercapai sesuai standar KKM.
3. Tercapainya KKM minimal 75,00 pada
setiap Mata Pelajaran
4. Terserapnya 75% Lulusan MA Al Fat-hiyah di Perguruan Tinggi Negeri.( PTN )
5. Tingkat kelulusan
siswa mencapai 100%
2.2.
Non-Akademik :
1. Terciptanya prestasi non-akademik siswa di segala bidang
2. Terbentuknya kelompok-kelompok bakat dan kreatifitas
siswa
3. Terbentuknya pengurus Gugus Depan Kepramukaan
4. Mengadakan pelatihan life skill
5. Melaksanakan pelatihan Leadership.
Comments
Post a Comment