FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku : PRAKARYA
Kelas : VIII/SEMESTER II
Jenjang : SMP
Topik : PENGOLAHAN BAHAN PANGAN SEREALIA DAN UMBI
Kegiatan Guru
|
Isi buku yang relevan
dengan kegiatan guru
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
||||
A. Perencanaan Pembelajaran
|
||||||
Menentukan KI dan KD
yang berkaitan
|
Isi buku guru sudah relevan dengan KI dan KD
yang berkaitan
|
|
|
Ö
|
|
Dapat digunakan dalam proses KBM
|
Menentukan alokasi
waktu
|
Isi buku guru sudah sesuai dg alokasi waktu
|
|
|
Ö
|
|
Dapat digunakan dalam proses KBM
|
Merumuskan indikator
|
sudah merumuskan indikator seperti KI 1
|
|
|
Ö
|
|
Dapat digunakan dalam proses KBM
|
Merumuskan tujuan
pembelajaran
|
Sudah merumuskan tujuan pembelajaran yang terletak pada informasi
untuk guru
|
|
|
Ö
|
|
Dapat digunakan dalam proses KBM
|
Menentukan cakupan
materi pembelajaran
|
Cakupan materi sudah sesuai dengan materi
pembelajaran
|
|
|
Ö
|
|
Dapat digunakan dalam proses KBM
|
Menentukan pendekatan
|
Pendekatan yang digunakan sudah tercantum
pada buku guru seperti menanya, mengamati.
|
|
|
Ö
|
|
Dapat digunakan dalam proses KBM
|
Menentukan model
|
Sudah menentukan model pembelajaran seperti
project based learning, discovery learning
|
|
|
Ö
|
|
Dapat digunakan dalam proses KBM
|
Menentukan strategi
|
Sudah menentukan strategi pembelajaran
|
|
|
Ö
|
|
Dapat digunakan
dalam proses KBM
|
Menentukan metode
|
Sudah menggunakan metode pembelajaran
|
|
|
Ö
|
|
Dapat digunakan
dalam proses KBM
|
Menentukan media,
sumber dan alat
|
Sudah menentukan media, sumber dan
alat seperti gambar, buku,
dan alat yang di gunakan.
|
|
|
Ö
|
|
Dapat digunakan
dalam proses KBM
|
Mendeskripsikan langkah
pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model, dan metode
|
Sudah mendeskripsikan langkah
pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model, dan metode
|
|
|
Ö
|
|
Dapat digunakan dalam
proses KBM
|
B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
||||||
Menilai Pengetahuan
-
Contoh instrumen
-
Pembahasan
|
Sudah mencantumkan contoh instrument
penilaian pengetahuan
|
Ö
|
|
|
Belum mencantumkan pembahasan penilaian
pengetahuan
|
Harus mencantumkan pembahansan penilaian
pengetahuan
|
Menilai Sikap
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
Sudah mencantumkan contoh instrument
penilaian sikap
|
Ö
|
|
|
Belum mencantumkan pembahasan penilaian sikap
|
Harus mencantumkan pembahansan penilaian
sikap
|
Menilai Keterampilan
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
Sudah mencantumkan contoh instrument
penilaian keterampilan
|
Ö
|
|
|
Belum mencantumkan pembahasan penilaian
keterampilan
|
Harus mencantumkan pembahansan penilaian
keterampilan
|
Portofolio
|
Sudah mencantumkan tugas portofolio
|
|
|
Ö
|
|
Dapat di gunakan dalam KBM
|
Penilaian Diri
|
Sudah mencantumkan penilaian diri
|
|
|
Ö
|
|
Dapat di gunakan dalam KBM
|
Penilaian Antar Teman
|
Belum mencantumkan penilaian antar teman
|
Ö
|
|
|
Belum mencantumkan penilaian antar teman
|
Harus mencantumkan penilaian antar temen
|
Informasi Pengayaan
Belajar
|
Sudah mencantumkan pengayaan pembelajaran
|
|
|
Ö
|
|
Dapat di gunakan dalam KBM
|
Informasikan hubungan
guru dan Orang tua
|
Sudah mencantumkan informasi hubungan guru
dan orang tua
|
|
|
Ö
|
|
Dapat di gunakan dalam KBM
|
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku
guru
Buku ini sudah layak
digunakan tetapi perlu perbaikan pada kelengkapan pembahasab san rubric
Penilaian.
.................................................................................................................................................
|
KELOMPOK IV:
1.
Samodro LPMP Kalimantan
Timur
2.
Asnimar Universitas
Sriwijaya
3.
Dra. Astini Syarkowi, M.Pd. Universitas Sriwijaya
4.
Suhardi Universitas
Tanjungpura
5.
Srywatie, S.Pd. SMP
Negeri 3 Palangkaraya
6.
Agus Purwanto, S.Pd. SMP Negeri 1
Pandih Batu
7.
Halidarni SMP Negeri 5
Tanjung Pinang
8.
Asmawati, S.Sos. SMP
Negeri 8 Pangkal Pinang
9.
Anismawati, S.Pd. SMP Negeri
1 Arga Makmur Bengkulu Utara
10. Sidik Mahfudin, S.T. SMP
Negeri 6 Metro Lampung
11. Elidarni, S.Pd. SMP
Negeri 5 Bengkulu
12. Guntur SMP
Negeri 3 Singkawang
Comments
Post a Comment